RTS4BW6TERJADI penggemukan peserta pada Euro 2016 Prancis menjadi 24 negara peserta. Aturan lolos dari babak grup pun berubah. Babak pe­nyisihan grup Euro 2016 telah mencapai akhir, beberapa tim sudah memastikan lolos, sedan­gkan sebagian lainnya masih memperjuangkan asa untuk lolos dan meraih tiket terakhir ke babak 16 besar. Ada bingung dengan aturan ini, namun ada juga senang karena mengun­tungkan tim kecil.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Prancis jadi negara per­tama yang memasti­kan diri lolos dari fase grup dan beberapa negara lainnya pun sudah menyusul, di antaranya dua finalis Euro 2012 lalu, Span­yol dan Italia. Euro 2016 di Pran­cis ini merupakan kejuaraan Eropa terbesar dari yang sebe­lumnya setelah jumlah peserta ditambah menjadi 24 peserta, termasuk tuan rumah.

Dengan bertambahnya jumlah perserta, aturan babak knock out pasca penyisihan grup pun mengalami peruba­han. Babak 16 besar nanti akan terdiri dari negara yang memenuhi syarat kelolosan.

Aturannya, dari 24 peserta Euro 2016 terbagi ke dalam enam grup. Dua tim teratas ber­hak lolos otomatis ke sistem gu­gur. Berarti, ada 12 negara yang bisa memastikan lolos sebagai juara dan runner-up grup.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua