RTS4BW6TERJADI penggemukan peserta pada Euro 2016 Prancis menjadi 24 negara peserta. Aturan lolos dari babak grup pun berubah. Babak pe­nyisihan grup Euro 2016 telah mencapai akhir, beberapa tim sudah memastikan lolos, sedan­gkan sebagian lainnya masih memperjuangkan asa untuk lolos dan meraih tiket terakhir ke babak 16 besar. Ada bingung dengan aturan ini, namun ada juga senang karena mengun­tungkan tim kecil.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Prancis jadi negara per­tama yang memasti­kan diri lolos dari fase grup dan beberapa negara lainnya pun sudah menyusul, di antaranya dua finalis Euro 2012 lalu, Span­yol dan Italia. Euro 2016 di Pran­cis ini merupakan kejuaraan Eropa terbesar dari yang sebe­lumnya setelah jumlah peserta ditambah menjadi 24 peserta, termasuk tuan rumah.

Dengan bertambahnya jumlah perserta, aturan babak knock out pasca penyisihan grup pun mengalami peruba­han. Babak 16 besar nanti akan terdiri dari negara yang memenuhi syarat kelolosan.

BACA JUGA :  Resep Membuat Semur Daging Betawi yang Enak Anti Gagal

Aturannya, dari 24 peserta Euro 2016 terbagi ke dalam enam grup. Dua tim teratas ber­hak lolos otomatis ke sistem gu­gur. Berarti, ada 12 negara yang bisa memastikan lolos sebagai juara dan runner-up grup.

Empat slot tersisa akan di­perebutkan oleh peringkat ke­tiga terbaik dari setiap grup. Se­hingga peluang negara-negara yang telah menelan kekalahan hingga pekan kedua pun akan bertarung habis-habisan di pe­kan terakhir untuk mempere­butkan tiket terakhir.

Bek Wales, James Ches­ter mengaku bingung dengan aturan ini. Boleh jadi itu dikare­nakan dia tidak mau ikut-ikutan pusing memikirkan hitungan-hitungannya. “Terlalu membin­gungkan buatku,” cetusnya.

BACA JUGA :  Lauk Praktis untuk Makan Siang, Suun Goreng Telur dan Kol yang Enak dan Nikmat

“Aku hanya bisa bilang, ka­lau kami bisa mengulangi per­forma seperti saat melawan Ru­sia dan tidak kebobolan, maka kami yakin bisa menghadirkan kesuitan bagi siapapun lawan kami,” katanya.

Juara dan runner-up dari keenam grup otoma­t i s akan lolos ke babak 16 be­sar. Sedang­

kan empat tim lainnya yang juga lolos adalah para tim peringkat ketiga dengan nilai terbaik.

Selain berkomentar ten­tang aturan baru untuk babak 16 besar, Chester juga mem­berikan pujian terhadap rekan setimnya, Gareth Bale, yang menurutnya sebuah berkah buat Wales.

“Kami beruntung memiliki dia (Bale) di tim kami. Aku ti­dak bisa berkomentar tentang pemain bintang lain karena aku tidak mengenal mereka. Na­mun, Bale sangat bergairah jika bermain bersama kami.

============================================================
============================================================
============================================================