RTS4BW6TERJADI penggemukan peserta pada Euro 2016 Prancis menjadi 24 negara peserta. Aturan lolos dari babak grup pun berubah. Babak pe­nyisihan grup Euro 2016 telah mencapai akhir, beberapa tim sudah memastikan lolos, sedan­gkan sebagian lainnya masih memperjuangkan asa untuk lolos dan meraih tiket terakhir ke babak 16 besar. Ada bingung dengan aturan ini, namun ada juga senang karena mengun­tungkan tim kecil.

Oleh : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Prancis jadi negara per­tama yang memasti­kan diri lolos dari fase grup dan beberapa negara lainnya pun sudah menyusul, di antaranya dua finalis Euro 2012 lalu, Span­yol dan Italia. Euro 2016 di Pran­cis ini merupakan kejuaraan Eropa terbesar dari yang sebe­lumnya setelah jumlah peserta ditambah menjadi 24 peserta, termasuk tuan rumah.

Dengan bertambahnya jumlah perserta, aturan babak knock out pasca penyisihan grup pun mengalami peruba­han. Babak 16 besar nanti akan terdiri dari negara yang memenuhi syarat kelolosan.

Aturannya, dari 24 peserta Euro 2016 terbagi ke dalam enam grup. Dua tim teratas ber­hak lolos otomatis ke sistem gu­gur. Berarti, ada 12 negara yang bisa memastikan lolos sebagai juara dan runner-up grup.

Empat slot tersisa akan di­perebutkan oleh peringkat ke­tiga terbaik dari setiap grup. Se­hingga peluang negara-negara yang telah menelan kekalahan hingga pekan kedua pun akan bertarung habis-habisan di pe­kan terakhir untuk mempere­butkan tiket terakhir.

Bek Wales, James Ches­ter mengaku bingung dengan aturan ini. Boleh jadi itu dikare­nakan dia tidak mau ikut-ikutan pusing memikirkan hitungan-hitungannya. “Terlalu membin­gungkan buatku,” cetusnya.

BACA JUGA :  Justin Hubner Siap Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

“Aku hanya bisa bilang, ka­lau kami bisa mengulangi per­forma seperti saat melawan Ru­sia dan tidak kebobolan, maka kami yakin bisa menghadirkan kesuitan bagi siapapun lawan kami,” katanya.

Juara dan runner-up dari keenam grup otoma­t i s akan lolos ke babak 16 be­sar. Sedang­

kan empat tim lainnya yang juga lolos adalah para tim peringkat ketiga dengan nilai terbaik.

Selain berkomentar ten­tang aturan baru untuk babak 16 besar, Chester juga mem­berikan pujian terhadap rekan setimnya, Gareth Bale, yang menurutnya sebuah berkah buat Wales.

“Kami beruntung memiliki dia (Bale) di tim kami. Aku ti­dak bisa berkomentar tentang pemain bintang lain karena aku tidak mengenal mereka. Na­mun, Bale sangat bergairah jika bermain bersama kami.

“Ia selalu bersinar di setiap pertandingan kami. Banyak pe­main besar yang tidak mampu konsisten bersama negaranya. Menurutku, situasi di tim kami juga membuat Bale merasa nya­man. Sebesar apa pun naman­ya, ia tetap merupakan bagian dari tim kami,” tutur Chester.

Untungkan Tim Kecil

Irlandia Utara menjadi salah satu tim yang lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat ketiga Grup C. Skuat asuhan Michael O’Neill itu sempat harap-harap cemas selama be­berapa jam, sebelum akhirnya mendapatkan kepastian nasib­nya lolos ke babak 16 besar.

Di Grup C, Irlandia Utara sempat khawatir setelah dika­lahkan 0-1 oleh Jerman di Parc des Princes, Selasa (21/6/2016) malam WIB. Irlandia Utara, yang memiliki poin 3, rentan untuk digeser oleh Republik Ceko, yang sebelum laga mela­wan Turki masih memiliki poin 1 di Grup D.

BACA JUGA :  Lauk Sarapan Simple dengan Omelet Ayam dan Sayuran untuk Anak

Namun, keberuntungan berpihak pada Irlandia Utara. Republik Ceko justru takluk 0-2 dari Turki. Imbasnya, posisi ketiga di Grup D ditempati oleh Turki, bukan Rep. Ceko. Turki, kendati pun sama-sama men­goleksi nilai 3, selisih golnya (-2) berada di bawah selisih gol Irlandia Utara (0). Oleh kare­nanya, Irlandia Utara berhak berada di atas Turki.

Selain Turki, Irlandia Utara juga berada di atas Albania. Meski sama-sama mengoleksi nilai 3, Albania hanya memiliki selisih gol -2.

Dengan berada di atas dua tim tersebut, otomatis Irlandia Utara termasuk ke dalam empat tim yang berhak menggenggam empat tiket dari peringkat ke­tiga terbaik.

Hasil apa pun yang terjadi di Grup E dan F pada Rabu (22/6/2016) malam WIB dan Kamis (23/6/2016) dini hari WIB dipastikan tidak akan meng­ganggu posisi Irlandia Utara. Satu tim lainnya yang sudah di­pastikan lolos lewat peringkat ketiga terbaik adalah Slovakia.

“Situasi dari kompetisi ini memang memungkinkan tim kecil untuk mendapatkan ke­sempatan yang layak. Kami meraih hak kami untuk berada di sini. Kami meraih hak kami untuk berada di babak 16 be­sar,” ujar O’Neill seperti dilansir Soccerway.

O’Neill juga membela per­mainan defensif timnya. Menu­rutnya, jika tim kecil seperti Irlandia Utara bermain terbuka melawan Jerman, itu sama saja dengan bunuh diri. Tugasnya, kata O’Neill lagi, bukanlah meli­hat timnya dibantai 0-7 oleh Jer­man.(*/Net)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================