Untitled-18SAINT-ETIENNE– Portugal harus merasakan beringas­nya Islandia di Gru F Euro 2016 Prancis. Seleccao dipak­sa main imbang 1-1 di Stade Geoffroy Guichard, Rabu (15/6/2016) dinihari WIB.

Nani membawa Portugal unggul lebih dulu pada me­nit ke-31. Namun, Islandia mampu membalasnya di awal babak kedua lewat sepakan Birkir Bjarnason.

Meski mendominasi sepanjang laga bersama kap­ten Cristiano Ronaldo, Portu­gal tak mampu mencetak gol lagi hingga bubaran dan haru puas berbagi angka.

Hasil itu meneruskan catatan buruk Portugal di awal turnamen besar. Dari empat turnamen, dua Piala Dunia dan dua Piala Eropa, Portugal tak pernah memu­lainya dengan kemenangan.

BACA JUGA :  Lauk Praktis untuk Makan Siang, Suun Goreng Telur dan Kol yang Enak dan Nikmat

Pada Piala Dunia 2010, Portugal bermain imbang 0-0 melawan Pantai Gading di laga pembuka. Dua tahun kemudian, Portugal takluk 0-1 di tangan Jerman di pertand­ingan pertama Euro 2012.

Start Portugal di Piala Du­nia 2014 lebih buruk. Kem­bali bertemu Jerman, yang pada akhirnya keluar sebagai juara, Ronaldo dkk kalah telak 0-4.

Meski begitu, hasil im­bang melawan Islandia, tak lantas membuat mereka bisa dicoret dari persaingan. Seti­daknya itu terbukti di Piala Eropa 2012 saat mereka bisa melaju sampai semifinal.

BACA JUGA :  Simak Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Pelatih Islandia, Lars La­gerback pun menyindir Ron­aldo untuk bermain lebih baik agar bisa mengalahkan mereka.

Portugal memang unggul penguasaan bola hingg 66 persen. Mereka juga mampu membuat 27 kali percobaan yang 20 diantaranya men­emui sasaran.

Banyaknya peluang ter­buang disebut karena ban­yak pemain Islandia yang

bermain di muka gawang. Penilaian itu seperti diung­kapkan oleh Ronaldo.

============================================================
============================================================
============================================================