Untitled-2JAKARTA, TODAY—Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meminta para menteri kabinet kerja standby di Jakarta pekan ini. Ternyata Jokowi akan mengambil keputusan pent­ing, soal reshuffle kabinet. Kema­rin petang, sejumlah menteri di­panggil satu per satu.

Mensesneg Pratikno juga men­gorbitkan selebaran agar semua menteri tak meninggalkan Jakarta pekan ini terkait dengan sidang kabinet paripurna yang akan dige­lar Rabu (27/7/2016). Apa agenda penting yang akan dibahas dalam sidang paripurna itu? “Kalau topiknya pengarahan Presiden,” ucap Juru Bicara presiden Johan Budi di Komplek Istana Kepreside­nan, Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Johan tak merinci arahan apa yang akan disampaikan oleh pres­iden, termasuk tak biasanya sidang

paripurna yang digelar hampir tiap bulan itu diawali dengan imbauan agar tak meninggalkan Jakarta. “Itu saya tidak tahu bentuk pengarahan seperti apa, tapi maksud dan tujuan sidang kabinet paripurna adalah mendengarkan pengarahan presiden yang wajib didengarkan oleh semua menteri kabinet kerja,” ujarnya.

BACA JUGA :  Takjil Segar dengan Blewah Pepaya yang Enak Cocok untuk Menu Bukber

Menurut Johan sidang kabinet paripurna itu akan digelar pukul 15.00 WIB. Sebelum sidang kabinet, belum ada agenda yang diketahui selain intern. “Sepanjang yang saya tahu tidak ada yang istimewa, bahwa Presiden tentu memberikan pengara­han kepada menteri-menteri kabinet kerja kan biasa,” kata mantan pimpi­nan KPK itu.

“Dulu pernah ada info agar men­teri tidak keluar daerah. Saat event-event tertentu, ada keputusan strat­egis. Ada menteri yang sampai, lalu kembali karena ada keputusan pent­ing yang perlu diketahui,” kata Men­sos Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2016).

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Minibus di Jalan Pantura Demak, Pengemudi Tewas

Keputusan strategis itu biasanya soal rencana kerja pemerintah (RKP) atau rencana-rencana lain yang harus dibahas bersama. Bisa juga karena akan ada keputusan penting lain soal reshuffle kabinet.

Soal akan adanya keputusan pent­ing itu dibenarkan oleh Mensesneg Pratikno. Pratikno menuturkan akan ada rapat kabinet paripurna pukul 15.00 WIB Rabu (27/7/2016). Biasanya rapat paripurna kabinet membahas keputusan penting presiden dan arah kebijakan strategis pemerintah. “Be­sok (hari ini, Red) akan ada sidang kabinet paripurna pukul 15.00 WIB,” kata Pratikno saat ditemui wartawan di pintu masuk Wisma Negara, Jakar­ta, Selasa (26/7/2016).

============================================================
============================================================
============================================================