rtshzm2PARIS TODAY– Teror kembali menyapa Perancis. Sebuah truk tronton menyeruduk kerumu­nan orang dalam perayaan Bas­tille Day di Nice, Perancis, Kamis, 14 Juli 2016, malam waktu setem­pat. Data terakhir tercatat seban­yak 84 orang tewas.

Berdasarkan keterangan jaksa tersebut, sang sopir mena­brakkan truk yang dikendarainya ke arah kerumunan orang den­gan kecepatan tinggi. Orang yang ada di sana pun terlempar. Sopir truk tersebut akhirnya ditembak mati aparat kepolisian. Selain mengakibatkan korban tewas, peristiwa itu melukai sekitar se­ratus orang.

Seperti dikutip kantor beri­ta BBC, tragedi tersebut terjadi di Nice selatan. Menurut informasi yang dilansir sebuah koran lokal Prancis, insiden terjadi saat per­ayaan kembang api di salah satu tempat wisata yang menjadi ikon Prancis, Promenade des Anglais.

Dalam sebuah foto yang beredar di Twitter, lusinan orang terbaring tak berdaya di jalanan. Wali Kota Nice Christian Estrosi menyatakan sopir truk tronton itu terlihat sangat ingin membunuh puluhan orang yang ada di sana.

Menurut jaksa Nice, Jean- Michel Pretre, truk tersebut menyeruduk kerumunan orang sejauh 2 kilometer. Presiden Prancis, Francois Hollande, pun langsung kembali ke Paris dari kunjungan pribadinya ke Avi­gnon, Prancis tenggara, untuk memberi keterangan resmi atas tragedi tersebut.

Seorang reporter AFP mem­beri kesaksian bahwa insiden itu terjadi saat perayaan kembang api baru saja usai. “Kami melihat kerumunan orang-orang ditabrak dan tubuh mereka beterbangan,” tuturnya. Seorang saksi juga beru­jar, “Semua orang berteriak lari, lari, dan lari. Kepanikan yang luar biasa.”

Hingga kini, pemerintah Prancis mencatat, 84 orang, ter­masuk anak-anak, tewas akibat kejadian tersebut. Sedangkan 18 lain dalam kondisi kritis

Laporan terbaru ini disam­paikan Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve dalam rilisnya yang dimuat BBC, Jumat, 15 Juli 2016.

Tabrakan pada Kamis malam, 14 Juli 2016, waktu se­tempat, itu terjadi seusai peray­aan Bastille Day, hari nasional yang dirayakan pada 14 Juli se­tiap tahun. Parade saat perayaan Bastille Day dilakukan untuk memperingati 200 tahun lebih terjadinya Revolusi Prancis

============================================================
============================================================
============================================================