JAKARTA, TODAY—Berbagai sentimen positif yang menopang kondisi ekono­mi dalam negeri membuat perdagan­gan saham menggeliat. Bursa Efek In­donesia (BEI) mencatat, rata-rata nilai transaksi harian naik sepanjang pekan lalu.

Kepala Komunikasi BEI, Dwi Shara Soekarno mengatakan, pergerakan In­deks Harga Saham Gabungan (IHSG) di pekan ini mengalami penguatan sebesar 0,36 persen ke posisi 5.215,99 poin jika dibandingkan penutupan di pekan sebelumnya yang berada di level 5.197,25 poin.

“Di sepanjang periode 25 hingga 29 Juli 2016 rata-rata nilai transaksi harian di BEI mengalami kenaikan 13,96 pers­en menjadi Rp8,60 triliun dari Rp7,54 triliun di akhir pekan lalu,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (30/7/2016).

Sayangnya, kata Dwi Shara, rata-rata volume transaksi harian men­

BACA JUGA :  Resep Membuat Spaghetti Tuna Pedas untuk Menu Makan Malam yang Praktis

rata-rata frekuensi harian turun 1,05 persen. Adapun, investor asgalami perubahan 2,29 persen dan ing di sepanjang perdagangan pe­kan ini mencatatkan beli bersih di pasar modal Indonesia dengan nilai Rp3,23 triliun dan secara tahunan, aliran dana investor asing di pasar saham masih tercatat beli bersih dengan nilai Rp24,88 triliun. ­

Pada Kamis pekan ini (28/7/2016), kapitalisasi pasar sa­ham Indonesia berturut-turut kem­bali menyentuh rekor tertinggi sepanjang sejarah dengan berada di level Rp5.703,6 triliun setelah sehari sebelumnya mencapai rekor sebesar Rp5.676,6 triliun pada Rabu (27/7/2016).

“Selama sepekan, kapitalisasi pasar BEI telah meningkat men­jadi Rp5.614,62 triliun di penu­tupan perdagangan hari ini dari Rp5.593,67 triliun di akhir pekan sebelumnya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Kwetiau Goreng Udang Malaysia yang Menggugah Selera

Ia menilai, momentum penyem­purnaan Kabinet Kerja yang dilaku­kan oleh Presiden Republik Indone­sia Joko Widodo menjadi sentimen positif penguatan IHSG.

“Selain itu, positifnya kinerja keuangan semester I perusahaan tercatat semakin meningkatkan ke­percayaan investor untuk terus ber­investasi di pasar modal domestik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, satu obligasi dan satu sukuk berhasil dicatatkan di BEI pada pekan ini. Obligasi Berkelanjutan III Adira Finance Tahap IV Tahun 2016 dengan total nilai emisi Rp1,7 triliun dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan II Adira Finance Tahap II dengan nilai total emisi Rp86 miliar yang diterbitkan oleh PT Adira Dinamika Multi Fi­nance Tbk (ADMF) mulai dicatatkan pada Selasa (26/7). (Alfian M|cnn)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================