27b2e18ff0Jakarta Today – Bank Indonesia (BI) ikut terlibat dalam rencana penurunan Down Payment (DP) alias uang muka untuk kredit kendaraan bermotor. Opsi untuk menurunkan sampai dengan 0% masih perlu pendalaman.
“Iya tentu saja kita sangat hati-hati. Kalau 0% kan memang nggak ada DP,” jelas Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI Juda Agung di kantor pusat BI, Jakarta, Rabu (3/8/2016).
Menurut Juda, arah penurunan uang muka memang sejalan dengan upaya meningkatkan permintaan dari masyarakat. Ini sekaligus bisa mendorong industri kembali bergairah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. “Sama dengan LTV, iya untuk men-triger demand. Tapi ini belum, masih dikaji,” terangnya.
Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi harus disesuaikan dengan stabilitas dalam sistem keuangan. Menurut Juda, otoritas harus melihat berbagai risiko yang dimungkinkan muncul dari kebijakan. “Kita harus hatii-hati dalam menyikapi, mem-balance antara financial stability dengan growth,” papar Juda. (Abdul Kadir Basalamah/Net)

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 28 Maret 2024
============================================================
============================================================
============================================================