999Oleh : IMAN R. HAKIM-KTR

PUNCAK peringatan Hari Koperasi ke- 69 jatuh pada Ju­mat 5 Agustus 2016. Pemerintah memperingatinya dengan berbagai kegiatan. Pun demikian dengan Pemer­intah Kabupaten Bogor, mem­peringati hari koperasi dengan menggelar berbagai kegiatan di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatam Cibinong, Kabu­paten Bogor.

“Besok (hari ini, Red) dalam acara memperingati hari koperasi, saya akan me­nyemangati seluruh pelaku koperasi se Kabupaten Bo­gor yang terdaftar di Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bogor,” kata Bu­pati Bogor Hj Nurhayanti M.Si kepada Bogor Today, Kamis (4/8/2016).

Bupati Nurhayanti men­gakui masih banyak koperasi yang tidak sehat dan mem­butuhkan pembinaan. Untuk itu, orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman akan melaku­kan pembinaan terhadap se­luruh pelaku koperasi baik syariah maupun konfensional.

“Kami akan lakukan pem­binaan kepada seluruh koper­asi mulai dari hulu hingga hil­ir. Baik itu koperasi di bidang pertanian, UMKM industri rumah kecil hingga koperasi yang berada disekolah,” kata Yanti sapaan akrabnya.

Sementara itu Kepala Dinas Diskoperindag Kabu­paten Bogor Dace Supriyadi menjelaskan bahwa pembi­naan bagi koperasi dan UMKM di Kabupaten Bogor lebih difokuskan pada pembinaan sumber daya manusia dan masalah permodalan. ‘’Po­tensinya sangat besar, namun sumber daya manusianya ma­sih harus kita bina,’’ katanya.

Pembinaan sumber daya manusia yang dimaksudkan Dace adalah mengubah mind­set (pola fikir) para pelaku koperasi dan UMKM yang ma­sih bermental pegawai dan bergantung pada bantuan. Padahal, mereka harus mem­bangun diri sebagai wirausa­hawan yang handal, mandiri, dan inovatif.

Hingga Maret 2016, total umlah koperasi yang terdaftar di Diskoperindag Kabupaten Bogor sebanyak 1.723 kopera­si. Sedangkan yang aktif hanya 1218 koperasi.

Pada peringatan Hari Ko­perasi ke-69 ini, Bupati Bogor juga akan memberikan peng­hargaan kepada sejumlah ko­perasi dan UMKM berprestasi. Beberapa UMKM yang di­perkirakan akan mendapat penghargaan antara lain UKM Mutiara Keset dari Kecamatan Kemang yang memproduksi keset, UKM Nagief Toys yakni produsen boneka, UKM Pos­daya Baraya, dan Cystade Cake and Cookies.

Sementara sejumlah kop­erasi yang juga akan mendapat penghargaan antara lain Kop­erasi Khidmatul Ummah, Kop­erasi Karyawan Argha Karya, dan sejumlah koperasi lain­nya.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================