SientaVSFreedHONDA Freed selama ini di­jual di pasar Indonesia tanpa ada pesaing di kelasnya. Se­lama ini mobil MPV dengan sliding door ini melenggang sendirian tanpa diganggu kompetitor. Tetapi ketenan­gannya bakal terusik den­gan hadirnya Toyota Sienta yang hadir untuk menyasar segmentasi pasar yang sama dengan Honda Freed.

Sebagai mobil dengan sasaran pasar yang sama, maka keduanya layak untuk diperbandingkan. Ada per­samaan dan perbedaan di antara kedua mobil MPV ini, tetapi juga cukup banyak per­bedaannya.

Dimulai dari desainnya, Sienta dan Freed memiliki persamaan dalam hal sliding door. Keduanya sama-sama dibekali sliding door pada baris kedua sehingga memu­dahkan penumpang masuk-keluar mobil.

Honda Freed memiliki dimensi panjang 4.215 mil­imeter, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.740 mm. Adapun Toy­ota Sienta memiliki panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jadi Toy­ota Sienta memiliki dimensi lebih panjang, sedangkan Honda Freed berbodi lebih lebar dan tinggi.

Secara kasat mata, Toyota Sienta hadir dengan mengu­sung desain yang lebih segar dan berani ketimbang Honda Freed. Desain Sienta lebih stylish, futuristik, dan ener­gik. Berbeda dengan Freed yang lebih menonjolkan de­sain simple dan elegan. Var­ian warna Toyota Sienta juga lebih mencolok sehingga mobil ini cocok bagi keluarga muda.

Honda Freed diklaim memi­liki handling yang sedikit lebih baik lantaran memiliki jarak wheelbase mencapai 2.740 mm sedangkan untuk Toyota Sienta 2.750 mm. Freed me­miliki ground clearance yang cukup tinggi yaitu mencapai 170 mm. Berbeda dengan Sien­ta yang hanya 133 mm.

Masuk ke interior, baik Sienta maupun Freed sama-sama menyajikan ruang ka­bin yang lega dan nyaman. Tetapi pada ruang kabin ba­gian depan, Freed diunggul­kan karena memiliki dimensi lebih lapang.

Sienta dan Freed sama-sama mengusung konfigurasi 3 baris. Perbedaan antara Sienta dengan Freed terletak pada kursi baris kedua dima­na Freed menawarkan format captain seat di baris kedua sehingga hanya bisa untuk 2 penumpang sehingga lebih mengesankan premium, se­dangkan Sienta memiliki kur­si yang tersambung sehingga dalam hal kapasitas, tentu kursi baris kedua Sienta lebih baik karena mampu memuat 3 orang penumpang.

Mesin Sienta dan Freed sa­ma-sama mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter. Tetapi keduanya memiliki tenaga yang berbeda dimana Freed lebih unggul ketimbang Sien­ta. Mesin Freed m emiliki tenaga mencapai 117 hp dan torsi puncak 146 Nm, sedan­gkan Sienta memiliki daya yang hanya 109 hp dan torsi 143 Nm saja.

Manakah yang lebih baik dipilih? Tentu itu semua tergan­tung selera dan karakter mas­ing-masing orang. Tidak lupa juga sesuaikan dengan budget yang dimiliki. (yasser arafat)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================