White-houseWASHINGTON TODAY- Pemerintah Amerika Serikat diam-diam mengirim­kan uang dengan pesawat ke Iran sebesar US$400 juta, atau lebih dari Rp5,2 triliun, di hari yang sama empat tahanan AS di­bebaskan oleh Teheran dan kesepakatan nuklir diimplementasikan.

Beberapa pejabat AS mengatakan, ke­sepakatan pemberian uang tersebut telah diumumkan pada Januari lalu sebagai ba­gian dari kesepakatan nuklir dengan Iran, namun pengirimannya menjadi misteri.

Sumber pemerintah AS kepa­da CNN mengatakan, uang itu diterbang­kan ke Iran dalam peti kayu, ditumpuk dalam bentuk franc Swiss, euro, dan mata uang lainnya sebagai bagian dari US$1,7 miliar yang harus dibayarkan AS berdasar­kan keputusan pengadilan arbitrase inter­nasional di Den Haag terkait pembelian senjata yang gagal di era Shah Reza Pahlevi.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 25 Maret 2024

Sumber lain mengatakan, dengan pemberian uang itu sebagai bagian dari kesepakatan nuklir, AS telah memberikan Iran kemampuan untuk kembali masuk ke perekonomian internasional dan akses bagi dana-dana yang sebelumnya dibekukan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 26 Maret 2024

Selain itu, dana tersebut disebut se­bagai bagian dari pembayaran tebusan tahanan AS di Irak. Menurut sumber, tin­dakan ini menyalahi sikap AS selama ini yang menolak membayar tebusan bagi tahanan atau sandera. Akibatnya, Iran saat ini masih menahan beberapa warga AS hingga Washington mampu membayar mereka lagi.

============================================================
============================================================
============================================================