2Jakarta, Today – Air susu ibu (ASI) me­mang ajaib. Tidak hanya nutrisi paling baik bagi bayi, tapi juga bisa memini­malkan risiko terkena kanker. Mengapa demikian?

“Ibu-ibu yang menyusui selama 2 tahun atau lebih akan terhindar dari kanker. Hal ini karena di dalam ASI ada zat HAMLET (Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour cells) yang bisa mencegah ibu dari penyakit kanker seperti payudara serta serviks,” kata dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM.

BACA JUGA :  6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Hal itu disampaikannya saat ditemui dalam temu media memperingati Pe­kan ASI Sedunia 2016 dengan tema ‘Ibu Menyusui Sampai 2 Tahun Lebih hebat, Anak Sehat & Cerdas dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Sejahtera’ di Gedung Adhyatma, Kementerian Kes­ehatan Republik Indonesia, Jl HR Ra­suna Said, Kuningan, Jakarta, Jumat (5/7/2016).

Pada anak-anak, ASI akan membuat mereka terhindar dari dua jenis leuke­mia yaitu limfositik dan mielositik. Ter­lebih, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 dan 2014 juga menyatakan bila anak yang diberi ASI selama 6 bu­lan dapat mengurangi 20 persen risiko leukemia.

BACA JUGA :  Apa Sih Gejala Awal Ginjal Bermasalah? Simak Ini, Siapa Tau Kamu Alami Gejalanya

“Misalnya ada sel leukemia yang me­nyerang anak saat masih menyusu, sel tersebut akan dilawan oleh HAMLET tersebut. Sayangnya, zat ini baru dite­mukan pada 2009 sehingga masih ban­yak yang belum mengetahuinya,” lanjut dr Utami yang juga praktik di RS ST Car­olus, Selemba, Jakarta Pusat.

============================================================
============================================================
============================================================