Untitled-13Memanfaatkan minat dan bakat menjadi peluang bisnis bisa memberi keuntun­gan berlipat-lipat. Salah satu­nya Ryka Ariesta, dia meman­faatkan bakat seninya untuk memulai usaha lukisan kayu yang diberi nama Mukakayu.

Berawal dari niatnya mem­buatkan kado buatan tangan untuk dosen pembimbingnya, Ryka justru mendapatkan ide untuk memulai bisnis. Lulu­san desain grafis ini mengaku mendapat inspirasi bisnisnya ketika sedang mengerjakan tugas akhir kuliahnya. “Gara-gara awalnya aku ingin mem­buat bingkisan untuk dosen pembimbing, soalnya aku lebih suka ngasih oranghand­made daripada beli jadi. Saat mengerjakan tugas akhir kan untuk men-display karyanya pakai booth, jadi terinspirasi gitu,” ujar Ryka, kemarin.

BACA JUGA :  Pisang Kuah Santan yang Lezat untuk Takjil Praktis di Tanggl Tua

Setelah memberi kado ke dosen pembimbingnya, justrudia malah mendapat yang tertarik dengan karyanya. Produk Mukakayu beraneka ragam seperti jam dinding, kayu ucapan untuk ulang tahun hingga ucapan selamat menikah, dekorasi dindorderan dari beberapa temannya ing, gantungan kunci, dan souve­nir pernikahan berbentuk tatakan gelas. ­

BACA JUGA :  Menu Sahur dengan Sup Miso Tofu Bayam yang Simple dan Lezat

Desain kayu yang dibuat juga tidak hanya kotak, tetapi ada yang berbentuk bulat dan segi enam. Awalnya usaha dia dimulai dari modal Rp 60.000 untuk membeli beberapa bahan baku. Bahan ba­kunya terdiri dari kayu jati Belanda dan cat rubber. “Bahan bakunya kayu jati Belanda tapi dari palet kay­ak eco design gitu, memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai,” kata Ryka.

============================================================
============================================================
============================================================