IMG_20160526_142820BOGOR, TODAY – Berawal dari per­temanan sejak sekolah menengah di SMPN 5 Bogor angkatan 1991, akhirnya tercetuslah ide untuk membuat koperasi kecil yang di­beri nama KOPAL 591 atau Koperasi Alumni SMPN 5 angkatan 1991.

Dengan terbentuknya KOPAL 591, akhirnya Danti Maharani tergerak untuk membuka usaha CIKOPAL (Cilok Kojek Pangkalan) yang tentunya didukung penuh oleh para sahabatnya tersebut.

“Awalnya bermula dari teman-teman SMP yang berniat untuk membentuk koperasi kecil-kecilan. Kebetulan saya gemar di bidang kuliner, akhirnya saya mencetus­kan untuk membuat usaha jajanan cilok,” beber Danti.

Cikopal sendiri merupakan usaha baru yang dirintis Danti. Walau baru dibuka sejak Maret 2016, kini booth Cikopal tersedia di dekat SMP 12 Bogor, Taman Heulang, Kota Batu, Bukit Cimanggu Villa dan di depan Kedai Umbi-Umbian Bangbarung.

“Awal modal sekitar Rp 12 juta, saat ini sudah berkembang hingga ada 5 booth,” terang Danti.

Karena terbilang baru, Danti mengaku belum bisa mengakumu­lasikan keuntungan yang diraup dari kelima booth Cikopal.

“Ini kan masih baru, ibaratnya masih merangkak jadi saya belum bisa mengakumulasikan keuntun­gan keseluruhan yang di dapat dari Cikopal. Namun, sejauh ini saya melihat respon masyarakat sangat baik, dan commentnya pun bagus. Jadi sudah banyak yang cari,” ung­kapnya. Untuk memajukan usahan­ya ini, Danti pun membuka kesem­patan bagi siapapun yang berminat untuk menjadi reseller Cikopal. Dirinya membuka reseller dengan membuka modal awal sekitar Rp 4 juta dengan memberikan satu paket alat dan bahan lengkap.

Untuk harga cilok yang dijual senilai Rp 8 ribu dengan kemasan yang menarik. Cikopal disajikan se­cara kukus dan goreng. Untuk Ciko­pal klasik yang dikukus berbumbu kacang, teriyaki dan lada hitam. Sedangkan untuk Cikopal goreng memiliki rasa keju dan pizza jamur. Keseluruhan rasa dan kemasan yang disajikan membuat jajanan tradisional ini terasa ‘naik kelas’.

Danti berharap Cikopal bisa terus berkembang dengan memper­banyak booth hingga keluar Bogor. “Semoga Cikopal bisa semakin dike­nal. Bulan depan InsyaAllah Ciko­pal juga bisa merambah Jakarta,” harap Danti. (*)