air-mineralJakarta, Today – Biasanya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh se­tiap harinya, orang akan meminum 8 gelas air per hari seperti yang sering di­anjurkan. Faktanya, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghitung kebu­tuhan cairan.

Air memang unsur terpenting di tu­buh manusia, karena manusia tak dapat bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang lama. Komposisi terbesar dari tubuh pun didominasi oleh air. Sep­erti diungkapkan oleh pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD, hampir seluruh fungsi tubuh kita membutuhkan cairan.

BACA JUGA :  Ada Efek Jika Minum Kopi Setelah Makan Daging? Simak Ini

Dalam bukunya yang berjudul ‘Fit Teen’s Diary’, air untuk tubuh memiliki beberapa fungsi penting seperti mem­bantu proses pencernaan, mencegah dehidrasi, melancarkan sirkulasi darah, menjaga kelembaban kulit, mengatur suhu tubuh dan bahkan membantu mengontrol nafsu makan.

BACA JUGA :  10 Manfaat Jus Mentimun untuk Kesehatan, di Antaranya Menjaga Kesahatan Jantung..

Nah, agar fungsi-fungsi tersebut ber­jalan dengan baik, maka asupan cairan yang keluar dan masuk harus seimbang. Penuhi asupan minimal air dengan cara mengalikan berat badan dalam kilogram dengan 30 ml.

============================================================
============================================================
============================================================