air-mineralJakarta, Today – Biasanya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh se­tiap harinya, orang akan meminum 8 gelas air per hari seperti yang sering di­anjurkan. Faktanya, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghitung kebu­tuhan cairan.

Air memang unsur terpenting di tu­buh manusia, karena manusia tak dapat bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang lama. Komposisi terbesar dari tubuh pun didominasi oleh air. Sep­erti diungkapkan oleh pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD, hampir seluruh fungsi tubuh kita membutuhkan cairan.

Dalam bukunya yang berjudul ‘Fit Teen’s Diary’, air untuk tubuh memiliki beberapa fungsi penting seperti mem­bantu proses pencernaan, mencegah dehidrasi, melancarkan sirkulasi darah, menjaga kelembaban kulit, mengatur suhu tubuh dan bahkan membantu mengontrol nafsu makan.

Nah, agar fungsi-fungsi tersebut ber­jalan dengan baik, maka asupan cairan yang keluar dan masuk harus seimbang. Penuhi asupan minimal air dengan cara mengalikan berat badan dalam kilogram dengan 30 ml.

“Contohnya, bila berat badanmu 50 kg, maka kamu membutuhkan 1,5 liter air dalam sehari. Bagi yang rutin berolahraga, sebaiknya minum air lebih banyak agar terhindari dari dehidrasi,” papar Jansen.