Untitled-4SALVADOR, TODAY—Brasil akhirnya lolos ke perempat final cabang sepakbola putra Olimpiade Rio 2016. Mereka lolos berkat kemenangan telak 4-0 atas Denmark.

Berstatus tuan rumah dan salah satu tim unggulan, Brasil sempat disorot karena cuma mendapatkan hasil imbang 0-0 saat bertemu Afrika Selatan dan Irak. Na­mun, tim besutan Rogerio Mi­cale itu mengamuk pada laga melawan Denmark di Arena Fonte Nova, Salvador, Kamis (11/8/2016) pagi WIB.

Brasil yang tampil domi­nan membuka skor pada me­nit ke-26 melalui gol Gabriel Barbosa alias Gabigol. Gabigol meneruskan umpan silang Douglas Santos dari sisi kiri untuk menjebol gawang Den­mark yang dikawal oleh Jeppe Hojbjerg.

Brasil menambah keung­gulannya menjadi 2-0 berkat gol penyerang yang baru di­rekrut Manchester City, Ga­briel Jesus, pada menit ke-40. Gabriel Jesus menyambar um­pan silang Luan dari sisi anan.

Memasuki menit ke-50, gil­iran Luan yang mencatatkan namanya di papan skor. Usai menerima operan Daouglas Santos di kotak penalti, Luan dengan tenang menceploskan bola ke dalam gawang.

Gabigol memantapkan kemenangan Brasil lewat gol keduanya pada menit ke-80. Tembakan kaki kirinya kemba­li memaksa Hojbjerg memun­gut bola dari dalam gawang.

Berkat kemenangan ini, Brasil memuncaki klasemen akhir Grup A dengan perole­han lima poin dari tiga laga. Mereka akan menghadapi Kolombia di babak perempat­final.

Sementara itu, Denmark tetap lolos sebagai runner-up grup dengan empat poin. Mer­eka sudah ditunggu Nigeria di perempatfinal.

Pada pertandingan lainnya di Grup A, Afrika Selatan ber­main imbang 1-1 dengan Irak. Afsel unggul lebih dulu lewat gol Gift Motupa pada menit keenam, tapi Irak membalas melalui gol Saad Luaibi pada menit ke-15.

Hasil tersebut membuat kedua tim tersingkir. Irak menempati posisi ketiga den­gan tiga poin, sementara Afsel di posisi terbawah dengan dua poin. (dtc)