Untitled-8Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Deni Surya Senjaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi galian boring pipa HDPE 700 mm di Jalan Merdeka Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Minggu pagi (14/8/2016).

Oleh : Abdul Kadir Basalamah
[email protected]

Dirinya ingin melihat langsung program pengerjaan proyek pemasangan pipa tahap pertama dari Reservoir Merdeka ke pertigaan jalan Tentara Pelajar – RE Martadi­nata dan Jalan Merdeka terse­but. Namun Deni terkejut saat melihat ada galian sedalam delapan meter di depan Kan­tor Dinas Sosial dan Trans­migrasi Kota Bogor dengan penahan dinding tanah dari balok-balok kayu.

BACA JUGA :  Para Ibu Wajib Tahu, Ini Dia 10 Makanan Mengandung Zat Besi yang Baik Anak

“Galian ini terlalu dalam, sampai delapan meter. Ini bahaya kalau longsor. Daerah ini arus lalu lintasnya sangat padat, apalagi sekarang su­dah mulai masuk musim hu­jan. Ini sangat rawan,” kata Deni kepada pelaksana yang mengerjakan proyek terse­but.

BACA JUGA :  Takjil untuk Buka Bersama dengan Sop Buah Mangga Leci yang Segar dan Enak

Pemasangan pipa HDPE 700 mm ini menggunakan sistem boring Horizontal Directional Drilling (HDD). Teknik ini memang memung­kinkan tinggi galian sedalam 6-8 meter. Namun melihat tingginya risiko keselamatan kerja, Deni memerintahkan kontraktur membuat galian baru dengan kedalaman 3-4 meter sepanjang 40 meter dan mencari lokasi koneksi di titik tertinggi. Tentunya den­gan teknik boring yang sama.

============================================================
============================================================
============================================================