Untitled-16ALFIAN MUJANI
[email protected]

Bagi lembaga-lembaga pendi­dikan di bawah naungan nama besar Ajengan Abdullah Bin Nuh (ABN) merawat lingkungan sudah merupakan panggilan. Se­bab, tidak membuat keru­sakan di muka bumi dengan cara merawat lingkungan adalah perintah agama.

‘’Kami terus berupaya menjaga keletarian lingkun­gan dengan giat melakukan penanaman pohon dan tana­man lain,’’ kata Kepala SMP Islam Terpadu ABN Cimang­gu Auladi dalam acara pena­naman pohon buah-buahan bersama Bogor Hejo-Bogor Today, di halaman komplek pendidikan ABN Cimanggu, Selasa (9/8/2016)

Auladi menceritakan bah­wa dirinya bersama para guru dan murid di SMP IT ABN Ci­manggu, selain merawat dan menanam pohon di lapangan terbuka hijau, juga mengem­bangkan tanaman pot di dalam ruangan dan tempat tertutup lainnya. ‘’Di bagian dalam komplek sekolah, kami mengajak anak-anak mengembangkan tanaman gantung dan pot,’’ katanya.

Apa yang disampaikan Auladi ini sangat menarik. Hasilnya lingkungan sekolah SMP IT ABN tampak hijau dengan pepohonan dan ter­asa sejuk. Sejumlah pohon tampak berjejer mengelilingi lapangan sekolah yang bi­asa digunakan upacara dan berolahraga para murid. Se­mentara di bagian tengah komplek sekolah juga ter­dapat tanaman gantung dan tanaman pot yang membuat udara di lingkungan tersebut terasa nyaman. ‘’Jadi, para siswa di SMP IT ABN ini selalu terlibat aktif dalam kegiatan menanam,’’ katanya.

Yang juga menarik, ling­kungan di komplek SMP IT ABN ini tampak bersih. Meski gedungnya tampak biasa, namun lantai dan semua ka­mar mandinya relatif bersih. Ini mungkin karena pendi­ri yayasan pendidikan ini Mama Ajengan Abdulah Bin Nuh senantiasa menanamkan nilai-nilai Islam secara benar.

Para muridnya pun tam­pak sangat aktif mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama Bogor Hejo-Bogor Today. Ikut hadir pula Wakil Kepala SMP IT ABN Bidang Kesiswaan Edi Kurniawan S.Pd.I, sejumlah guru, dan puluhan siswa-siswi. Pada saat dilakukan edukasi ling­kungan dengan games kuis pohon, para murid pun tam­pak berlomba-lomba menga­cungkan tangan untuk men­jawab pertanyaan.

Amel Amalia Dian Puspi­tasari dan Tato Marsito yang memandu kuis lingkungan tersebut, tampak berseman­gat meladeni para siswa yang cukup aktif itu. Lima paket hadiah pun diberikan kepada anak-anak yang bisa menjaw­ab pertanyaan dengan tepat.

Penanaman pohon pun berlangsung semarak. Ada beberapa pohon buah yang ditanam Bogor Hejo, salah satunya adalah pohon cit­rus sumbangan dari Citrus Deparment Store Botani Square. (*)