SientaVSFreedHONDA Freed selama ini di­jual di pasar Indonesia tanpa ada pesaing di kelasnya. Se­lama ini mobil MPV dengan sliding door ini melenggang sendirian tanpa diganggu kompetitor. Tetapi ketenan­gannya bakal terusik den­gan hadirnya Toyota Sienta yang hadir untuk menyasar segmentasi pasar yang sama dengan Honda Freed.

Sebagai mobil dengan sasaran pasar yang sama, maka keduanya layak untuk diperbandingkan. Ada per­samaan dan perbedaan di antara kedua mobil MPV ini, tetapi juga cukup banyak per­bedaannya.

Dimulai dari desainnya, Sienta dan Freed memiliki persamaan dalam hal sliding door. Keduanya sama-sama dibekali sliding door pada baris kedua sehingga memu­dahkan penumpang masuk-keluar mobil.

Honda Freed memiliki dimensi panjang 4.215 mil­imeter, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.740 mm. Adapun Toy­ota Sienta memiliki panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jadi Toy­ota Sienta memiliki dimensi lebih panjang, sedangkan Honda Freed berbodi lebih lebar dan tinggi.

Secara kasat mata, Toyota Sienta hadir dengan mengu­sung desain yang lebih segar dan berani ketimbang Honda Freed. Desain Sienta lebih stylish, futuristik, dan ener­gik. Berbeda dengan Freed yang lebih menonjolkan de­sain simple dan elegan. Var­ian warna Toyota Sienta juga lebih mencolok sehingga mobil ini cocok bagi keluarga muda.

============================================================
============================================================
============================================================