IMG_20160518_155441BOGOR, Today – Masyarakat Indonesia umumnya memiliki seni dan kreatif yang tinggi. Banyak dari mereka yang bisa memanfaatkan sumber daya alam untuk dijadikan pelu­ang usaha. Salah satunya kerajinan bambu, yang dikelola para pengrajin untuk dijadikan produk olahan yang memiliki nilai ekonomi dan nilai seni yang tinggi.

Dadun Abdul, pemilik Naziih Bam­boo (Fadhil Mandiri) sejak tahun 2000 sudah menggeluti usaha bambu. Dadun mendirikan usaha di Caringin dan Cipaku. Hingga akhirnya, pada tahun 2009, ia memu­tuskan untuk hijrah dan mendirikan usaha bambu di Jalan Raya Pemda, Bogor.

Kini ia menjalani usaha ini dibantu oleh 2 orang karyawan dan seringkali dibantu oleh pe­kerja lepas hingga 10 orang.

“Ya jika memang ada pem­buatan saung dan membutuh­kan tenaga tambahan, biasanya saya cari pegawai lepas. Ban­yaknya pekerja tergantung berapa banyak pesanannya,” terang Dadun.

Dadun bercerita, menjalani usaha ini dilaluinya tak selalu berjalan dengan mulus. Dirinya harus melewati masa-masa sulit sebelum berhasil mencapai kes­uksesanya seperti sekarang ini.

“Ibaratnya darah dan air mata sempat saya keluarkan. Modal yang dikeluarkan pun tak sedikit, ratusan juta saya ke­luarkan untuk bisnis ini,” ujar Dadun

============================================================
============================================================
============================================================