smatrtfren-4g-lte-launchingPERUSAHAAN telekomunikasi Smartfren akan fokus menggarap pasar smartphone 4G dengan menghadirkan produk 4G dengan harga murah. Hal ini mengingat besarnya potensi pada segmentasi pasar tersebut.

Yasser Arafat
[email protected]

Demikian disam­paikan Head of Smartphone Smartfren Sukoco Purwokardjono, Rabu (10/8) lalu. “Saat ini kami hanya akan menggarap ponsel kelas affordable, harga terjang­kau namun spesifikasi supe­rior di kelasnya. Kami tidak akan bersaing dengan ponsel-ponsel Rp 3 jutaan ke atas,” ujarnya.

Menurut Sukoco, potensi pangsa pasar ponsel 4G dengan harga Rp 2 jutaan ke bawah ini semakin membesar. Itulah yang menjadi alasan Smartfren tidak menghadirkan smartphone 4G dengan banderol harga lebih dari Rp 3 juta. Pada tahun 2016 ini saja, ponsel-ponsel 4G di harga Rp 2 jutaan ke bawah me­miliki pangsa pasar hingga 50%. «Diprediksi angka tersebut akan semakin meningkat di tahun-ta­hun mendatang,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Menu Buka Puasa dengan Sambal Ati Ampela yang Pedas dan Gurih Menggugah Selera

Lebih lanjut Sukoco mem­beberkan data statistik penjua­lan smartphone di Indonesia. Pada tahun 2015, terdapat 28,5 juta unit ponsel yang terjual. Tahun ini, pihaknya mempre­diksi smartphone yang terjual di Indonesia bakal menyentuh angka 29 juta unit. Sementara untuk tahun depan, jumlah penjualan ponsel di Indonesia bakal mencapai 30 juta unit.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Berkomitmen Tingkatkan Nilai MCP Pada Tahun 2024

Sukoco menambahkan, ponsel 4G pada tahun 2016 ini jumlahnya sudah mencapai 58% dari jumlah total ponsel yang beredar di masyarakat. «Tahun depan, prediksinya 80% ponsel yang beredar di masyarakat adalah 4G,» imbuh Sukoco. Oleh sebab itu, Smart­fren akan gencar melakukan ekspansi jaringan 4G LTE di se­jumlah daerah. Bahkan Smart­fren secara bertahap mulai mematikan jaringan layanan CDMA di sejumlah lokasi.

============================================================
============================================================
============================================================