alfian mujaniKESEHATAN seseorang itu tergantung pada sistim daya tahan tubuh. Tubuh manusia selalu merespon terhadap barang asing. Daya tahan tubuh yang kuat akan semakin kuat jika terlatih bertemu dengan virus penyakit. Sementara yang tidak pernah bertemu dengan virus penyakit, bisa saja langsung sakit karena kaget. Daya tahan tubuh yang lemah akan langsung ambruk ketika bertemu virus, tapi aman-aman saja jika berada di zona steril.

Dalam konteks keimanan juga sama. Orang yang imannya masih goyah jangan coba-coba mendekat ke area penuh godaan, penuh kemaksiatan, penuh tantangan. Sangat mungkin terjerumus dalam jebakan. Sementara orang-orang yang beriman kuat dipersilahkan untuk datang dan tinggal dengan mem­bawa misi mengajak mereka yang terjerumus untuk naik kembali ke jalan lapang kehidupan.

Yang paling aman untuk kehidupan kita adalah tinggal di lingkungan yang baik. Ber­gaul dengan orang-orang baik dan istiqamah dalam menuju masa depan yang baik. Namun kita harus waspada bahwa virus akan terus datang mengancam. Lingkungan tempat kita tinggal tidaklah lagi sederhana. Lingkungan mencakup semua area yang mempengaruhi kehidupan secara umum. Internet, teman online, buku bacaan adalah masuk katagori lingkungan kita juga. (*)

============================================================
============================================================
============================================================