alfamartJAKARTA, TODAY – Sudah 3 tahun perusahaan jaringan ritel, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), membuka gerai di Filipina. Saat ini sudah sebanyak 185 gerai yang dibuka di negara tetangga itu.

Chairman Alfa Group yang juga pendiri jaringan toko Alfamart, Djoko Susanto, mengatakan pihaknya mengaku sudah balik modal atau break event point (BEP) sejak mulai membuka gerai tahun 2014 lalu.

“Artinya sekarang sudah 3 tahun. Sudah impas, sudah balik modal, sudah BEP. Di sana kan kerjasama dengan partner lokal dengan jumlah toko 185,” jelas Djoko di Hotel Shangri La, Jakarta, Jumat (23/9/2016).

“Karena di sana perkembangannya sangat bagus, perizinan mudah, purchasing power (daya beli) masyarakatnya tinggi. Jadi cepat balik modal,” imbuhnya.

Menurut Djoko, pihaknya belum melirik pasar negara ASEAN lain dalam waktu dekat. Alfamart, menurutnya, masih fokus menperluas pasar di Filipina dulu.

“Sementara kita Filipina dulu bangun jaringan. Bisa jadi kebanggaan, tak lagi disebut jago kandang, apalagi namanya tetap pakai Alfamart. Setelah itu setiap tahun tambah double, jadi sudah tambah jadi 1.000 gerai di Filipina dalam 5 tahun lagi,” tutupnya. (Abdul Kadir Basalamah/net)