antamJAKARTA TODAY- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini memberikan penghargaan kepada emiten yang mengalami pertumbuhan kinerja terbaik dalam satu tahun terakhir (sejak Agustus 2015).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, dan dihadiri oleh Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, dan 11 perwakilan dari direksi emiten yang menjadi nominasi sebagai perusahaan berkinerja terbaik.

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menjadi emiten dengan kinerja terbaik atau IDX Best Blue yang mencatatkan pertumbuhan kinerja terbaik selama setahun terakhir di BEI.

Tito berharap, predikat yang diberikan oleh BEI kali ini dapat memberikan sesuatu yang baru dan berbeda, serta melengkapi berbagai pencapaian yang diterima oleh perusahaan tercatat.

Emiten dengan kode saham ANTM tersebut mencatatkan peningkatan kepemilikan saham sebesar 14,82% dalam setahun terakhir, volume transaksinya mencapai 33,6 miliar saham dengan nilai sebesar Rp 17,6 triliun dan ada 34.571 investor mentransaksikan sahamnya dalam satu tahun terakhir, naik dari jumlah 13.000 investor.

Dalam menentukan IDX Best Blue 2016, BEI melihat saham-saham yang paling diminati untuk ditransaksikan oleh investor, dengan turut memperhatikan data yang dimiliki oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Baca Juga :  Siswi SMK Pandawa Tewas Terjatuh dari Lantai Empat saat Bercanda dengan Temannya

“Data dan fakta tersebut menunjukkan kepercayaan investor kepada emiten bersangkutan. Pemenangnya ditransaksikan oleh 20% dari investor yang ada, sahamnya dimiliki 60% dari reksa dana yang ada. Dari 210 reksadana, hampir 107 memiliki saham ini. Saham ini secara frekuensi besar sekali. Pemenangnya, sahamnya ditransaksikan setiap hari di BEI. Jadi memang aktif sekali,” ujar Direktur Utama BEI, Tito Sulistio sesaat sebelum memberikan pengumuman pemenang IDX Best Blue 2016 di Main Hall BEI, Jakarta, Senin (3/10/2016).

Berdasarkan kriteria yang digunakan, BEI memberikan predikat IDX Best Blue 2016 terhadap emiten yang sahamnya paling diminati oleh investor, menunjukkan transaksi yang sangat aktif, memiliki pertumbuhan harga saham yang signifikan dan memiliki fundamental yang sehat.

Lanjut Tito, BEI kemudian akan memberikan penghargaan kepada PT Antam Tbk dengan memajang nama perusahaan di layar elektronik BEI, dan seluruh kantor perwakilan BEI di Indonesia.

“Kita tidak memberikan hadiah uang, tapi the best blue, namanya akan ada di depan semua kantor perwakilan bursa, dan jadi cover dua majalah bisnis di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga :  Korban Bom Bunuh Diri di Pakistan Mengalami Trauma

Sementara itu, Direktur PT Aneka Tambang Tbk Tedy Badrujaman mengaku, sempat kaget dengan penghargaan yang perseroan dapatkan. Hal ini kemudian menjadi tantangan perseroan agar dapat semakin memberikan kepercayaan kepada investor di pasar modal.

“Ini surprise bagi Antam. Sangat membanggakan di tengah kondisi ekonomi yang cukup bergejolak, kami dapat dipercaya oleh investor. Ini betul-betul hal yang luar biasa. Kami memang berjuang terus menerus di tengah kondisi yang sulit ini. Dan akhirnya memang untuk menaikkan kepercayaan dari investor,” ujar dia dalam kesempatan yang sama.

BEI juga memberikan predikat IDX Top Ten Blue 2016 kepada 10 perusahaan tercatat yang juga memenuhi kriteria penilaian BEI. Ke-10 perusahaan tersebut adalah PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS), PT PP Properti Tbk (PTPP), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). (Abdul Kadir Basalamah/Net)