alfian mujaniSEORANG ulama besar bertanya kepada ribuan jamaahnya, manakah yang paling perlu diutamakan antara urusan dunia dan urusan akhirat? Hampir 100% jamaah menjawab kompak bahwa urusan akhirat sangat perlu diutamakan. Dalam praktiknya, sebagian besar dari mereka jauh lebih serius mengejar urusan dunianya.

Banyak sekali orang yang ketika ditanya manakah yang lebih penting antara pendidikan agama dan pendidikan umum, mereka menjawab serempak bahwa pendidikan agama itu lebih penting. Tetapi praktiknya mereka jauh lebih mementingkan pendidikan umum. Kursus dan les pelajaran umum begitu laris manis meski harus bayar mahal, sementara kursus agama sangatlah sepi padahal gratis.

Banyak orang yang ketika ditanya manakah yang paling dibutuhkan kecerdasan akal atau kecerdasan hati, mereka bersama-sama menjawab bahwa kecerdasan hati paling dibutuhkan. Dalam kenyataannya, ranking angka jauh lebih dihormati dibandingkan dengan ranking budi pekerti. Penghargaan pada orang-orang baik tak sesemarak penghargaan pada orang-orang pintar otak.

Kok bisa begitu ya? Mari kita renungkan…!