1475997435_291025_1475998799_sumario_grandeSUZUKA,TODAY-Nico Rosberg merebut kemenangan kesembilannya musim ini saat tampil di Sirkuit Suzuka dalam Grand Prix Formula 1 Jepang, Minggu (9/10/2016). Pembalap Jerman tersebut juga memastikan Mercedes mengunci gelar juara dunia lagi sebab perolehan poinnya jadi tak terkejar pilot Red Bull.

Rosberg yang bertindak sebagai pole seater, langsung tancap gas sejak awal. Start yang kurang baik justru dialami rekan setimnya Lewis Hamilton yang sempat melorot ke peringkat delapan.

Rosberg praktis tak terbendung untuk memimpin balapan. Sebaliknya, posisi dua sempat jadi rebutan setelah Max Vertappen merebutnya dari Hamilton.

Hingga seri balap berakhir, posisi Rosberg tak tergoyahkan dan akhrnya keluar jadi pemenang. Tempat kedua diisi Verstappen, dan Hamilton akhirnya harus puas naik podium tiga.

Sementara dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, mesti puas jadi penghibur di lima besar.

Nico Rosberg berdiri di atas mobilnya setelah jadi pemenang di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (9/10/2016)/REUTERS/Toru Hanai

Kemenangan ini membuat Rosberg mengoleksi 313 poin, unggul 33 angka dari Hamilton yang mengoleksi 280 poin. Dengan tersisa empat seri lagi, persaingan keduanya bisa dipastikan bakal jauh lebih sengit.

Keberhasilan Rosberg juga memastikan pembalap Mercedes sudah mengunci gelar juara dan tak mungkin disalip pembalap tim lain. Selisih poinnya dengan driver Red Bull Daniel Ricciardo di peringkat tiga mencapai 101 poin dan tak mungkin terkejar lagi.

Baca Juga :  Gibran,Bocah Asal Kabupaten Bogor, Sabet Juara 1 di Ajang Taekwondo Challenge Kemenpora

Hal itu membuat Mercedes tak mungkin lagi terkejar karena musim ini tinggal menyisakan empat seri. Meski Red Bull selalu finis 1-2 di empat seri sisa, jumlah poin maksimal mereka cuma 557.

Ini adalah gelar juara dunia konstruktor yang ketiga secara beruntun bagi Mercedes setelah sebelumnya mereka juga menjadi juara pada 2014 dan 2015.

Gelar juara dunia pebalap musim ini juga sudah pasti jadi milik Mercedes. Rosberg kini memimpin klasemen dengan 313 poin, disusul Hamilton yang tertinggal 33 poin.

“Sepanjang akhir pekan berjalan sangat baik sejak awal. Saya merasa nyaman di dalam mobil, menemukan keseimbangan yang tepat, dan semuanya sampai kualifikasi,” ujar Rosberg di situs resmi F1.

“Dalam balapan saya hanya mengontrol kecepatan dan jarak dengan Max. Benar-benar akhir pekan yang sempurna. Benar-benar senang dengan hal itu. Juga karena saya menang di trek legendaris ini,” tambahnya.

Kemenangan di Jepang memperkokoh posisi Rosberg di puncak klasemen pebalap F1. Dia kini unggul 33 poin atas Hamilton yang berada di posisi kedua dengan empat seri tersisa.

Baca Juga :  Ukraina Ancam Boikot Olimpiade 2024

“Tentu saya menyadari soal 33 poin itu, tapi fokus saya bukan itu. Saya cuma ingin memikirkan balapan demi balapan. Itulah yang saya lakukan akhir pekan ini,” ujar Rosberg.

“Jadi, saya fokus untuk memenangi balapan dan saya sangat senang karena berhasil. Masih banyak balapan sisa. Saya harus tetap fokus,” kata pebalap berkebangsaan Jerman itu.

Seusai lomba, Hamilton ditanya soal startnya yang buruk. Sempat ada dugaan kondisi trek yang agak basah setelah semalam diguyur hujan jadi penyebabnya.

“Saya pikir itu tidak terlalu berkaitan dengan bagian lembap. Saya membuat kesalahan,” aku Hamilton.

“Setelahnya saya berusaha untuk memperbaiki posisi dari sana. Itu sulit, tapi saya sudah melakukan sebisanya,” tambah pebalap Inggris itu.

Hasil di Jepang membuat Hamilton makin tertinggal dari Rosberg dalam perburuan gelar juara dunia F1 musim ini. Hamilton sekarang ketinggalan 33 poin dari Rosberg dengan empat seri tersisa.

“Itu adalah selisih yang bagus untuk Nico, dia bekerja dengan sangat baik, jadi selamat untuknya,” kata Hamilton di situs resmi F1. (Imam/net)