alfian mujani 240SIKAP tertutup total memang tak bagus. Ada beberapa hal dalam hidup ini yang harus disikapi secara terbuka. Bersikap terbuka total juga tidak baik, karena tidak setiap orang ingin tahu  semua tentang kita. Kesalahan utama tentang kita dari diri kita adalah saat kita memposisikan diri kita bagai buku yang terbuka terus menerus dan membiarkan semua orang yang lewat melihat atau membacanya.

Ada orang yang hanya melihat model tulisannya. Ada orang yang cuma mempelototi gambarnya. Ada orang yang membacanya isesng-iseng saja. Ada yang membacanya secara serius. Ada yang hanya pura-pura membaca. Bahkan ada yang berlagak perhatian pada buku itu, padahal niatnya mencuri buku itu. Ada yang salah paham akan isi buku itu. Ada yang salah tafsir akan isi buku itu. Ada pula yang paham dan mengapresiasi buku itu.

Terbukalah diri kita hanya pada tipe pembaca yang terakhir, yakni pada manusia yang serius membaca tentang kita, memahami karater kita, termasuk kelebihan dan kekurangan kita, lalu menghargai, memaklumi dan menghormati kita apa adanya. Dari orang semacam inilah kita akan mendapatkan banyak pelajaran baru untuk pengembangan diri kita. Namun kita juga butuh pengkritik agar sadar akan kekurangan dan tidak arogan dan dzalim.