JAKARTA TODAY- Total kepemilikan saham di pasar modal di Bursa Efek Indonesia saat ini masih didominasi oleh investor asing. Persentase investor asing dengan investor domestik di Bursa Efek Indonesia (BEI) berbanding 60% dan 40%. Sehingga keuntungan atau return dari investasi di pasar modal sebagian besar dinikmati oleh investor asing.

“Dari kepemilikan saham di BEI, 60% tersebut dimiliki asing,” kata Kepala Pengembangan Investor BEI Irmawati Amran dalam kampanye Yuk Nabung Saham di Car Free Day Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2016).

Investor asing juga cenderung membeli saham dengan tujuan investasi jangka panjang. Mereka pada umumnya membeli dalam jumlah besar dan mendapatkan return yang cukup banyak. “Asing kalau beli banyak di saham-saham yang bagus, saham-saham yang besar. Jadi keuntungan-keuntungan investasi di pasar modal masih dinikmati asing,” ujar Irmawati.

Namun, jika dilihat dari segi transaksi, investor domestik masih mendominasi. Investor domestik tercatat melakukan transaksi 60% lebih banyak dibandingkan investor asing. “Kalau nilai transaksi 60% dipegang lokal. Masih ramai setiap hari,” kata Irmawati.(Yuska Apitya/dtk)