BARCELONA, TODAY—Sebelum jeda internasional, Real Madrid dan Barcelona meraih hasil yang tidak memuaskan. Akhir pekan ini, kedua kesebelasan bakal berusaha kembali ke jalur kemenangan.

Hanya dua kesebelasan, yakni Atletico Madrid dan Sevilla, dari kesebelasan-kesebelasan di empat besar yang meraih kemenangan pada pekan ketujuh. Atletico menang 2-0 atas Valencia, sementara Sevilla menang 2-1 atas Sevilla.

Sementara itu, Madrid bermain imbang 1-1 dengan Eibar. Hasil tersebut lebih baik dibandingkan Barca yang menderita kekalahan 3-4 di kandang Celta Vigo. Itu adalah kekalahan kedua Barca dalam tujuh pertandingan pertama La Liga musim ini.

Saat ini, Atletico masih memimpin klasemen dengan nilai 15, diikuti Madrid (15), Sevilla (14), dan Barca (13). Di antara keempatnya, tinggal Atletico dan Madrid yang belum menderita kekalahan.

Sabtu (15/10) malam WIB, Barca akan menjamu Deportivo La Coruna di Camp Nou. Los Cules kemungkinan masih akan tanpa Lionel Messi, yang masih harus menepi beberapa pekan akibat cedera pangkal paha.

Berkaca dari laga melawan Celta, Barca masih bisa tampil tajam di depan kendati pun tanpa Messi. Yang menjadi masalah adalah pertahanan Barca kerap lengah ketika menghadapi lawan dengan pemain-pemain yang liat dan punya kecepatan.

Salah satu gol Celta ke gawang Barca diawali oleh terebutnya bola di lini tengah, yang mana langsung dilanjutkan dengan serangan balik cepat. Ini adalah salah satu hal yang harus dibenahi oleh pelatih Barca, Luis Enrique.

Meski begitu, catatan pertemuan dengan Deportivo memihak kepada Barca. Dalam 12 pertemuan terakhir, Barca tidak pernah kalah dari Deportivo dan 8 pertandingan di antaranya dimenangi oleh Los Cules. Terakhir kali bertemu, yakni pada April lalu, Barca menang telak 8-0.

Sementara pada Minggu (16/10) dini hari WIB, Madrid akan bertanding melawan tuan rumah Real Betis. Cederanya Casemiro, yang selama ini menjadi gelandang bertahan dan melapis pertahanan Madrid, dianggap jadi salah satu masalah raksasa asal ibukota tersebut.

Masalah lainnya, Madrid kerap membuang percuma peluang di depan gawang lawan. Pada laga melawan Eibar, Madrid melepaskan 15 attempts (percobaan untuk mencetak gol), tetapi hanya 3 di antaranya yang mengarah tepat sasaran.

Sedangkan di Vicente Calderon, Sabtu (15/10), Atletico akan menjamu tim juru kunci saat ini, Granada. Melihat penampilan menanjak Atletico belakangan ini, di atas kertas tim besutan Diego Simeone itu bisa meraih poin penuh atas Granada, yang belum pernah meraih kemenangan sejauh ini.

Bagaimana dengan Sevilla? Tim asal Andalusia tersebut akan bertandang ke markas Leganes, Sabtu (15/10). Yang patut diwaspadai Sevilla, Leganes mampu menahan imbang Atletico pada pekan kedua musim ini. (Alfian M|dtc.sport)