macetBOGOR TODAY – Kemacetan menjadi salah satu isu utama dan persoalan tersendiri di Kelurahan Bondongan, Bogor Selatan. Lurah Bondongan, Eman Sulaeman mengatakan, sebagai perwakilan warga, pihaknya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mencarikan solusi atas persoalan tersebut.

“Kemacetan menjadi salah satu permasalahan, di mana terdapat tiga titik lokasi yang rawan kemacetan ini, yaitu di simpang Empang, pertigaan Bogor Nirwana Residence (BNR), dan pertigaan Batutulis,” kata Eman, Senin (3/10).

Eman meminta Pemkot Bogor segera mencarikan solusi, apalagi, persoalan kemacetan juga menjadi salah satu program prioritas Pemkot selain soal kebersihan, pedagang kaki lima dan lainnya. “Saya mendesak agar ini segera dicari jalan keluarnya,” kata dia.

Selain kemacetan, namun juga isu bencana alam, kata Eman, turut menjadi persoalan utama. Setidaknya terdapat sejumlah wilayah RW yang berada di sepanjang aliran Sungai Cipakancilan.

Akibatnya, seringkali terjadi musibah bencana longsor yang kerap menimpa rumah-rumah warga. Ini ditambah dengan kondisi pemukiman yang padat penduduk dan lokasi rumah-rumah warga yang berdiri di bawah tebingan yang rawan longsor. (Abdul Kadir Basalamah/Rep)