copa-del-rey-trofeo-2

Alfian Mujani

[email protected]

SEJUMLAH duel seru akan mewarnai babak 16 besar Copa del Rey. Barcelona dan Real Madrid yang digadang-gadang menjuarai liga ini, mendapat lawan yang tak bisa dibilang enteng.

Dalam pengundian yang digelar di markas Federasi Sepakbola Spanyol, Jumat (23/12/2016), Barca juara bertahan akan dipertemukan dengan Athletic Bilbao di babak 16 besar.

Laga tersebut akan menjadi ulangan final dua musim lalu. Blaugrana kala itu menang 3-1 atas Bilbao dalam laga final yang digelar di Camp Nou. Pertandingan yang tak kalah tricky akan dihadapi Real Madrid. Los Blancos ditantang finalis musim lalu, Sevilla.

Laga ini bisa menghadirkan potensi pembalasan dari Sevilla. Di awal musim, Sevilla kalah secara menyakitkan dari Madrid dalam pertandingan Piala Super Eropa yang harus dituntaskan lewat babak perpanjangan waktu.

Meski Madrid tengah melaju dengan apik, Sevilla juga patut diwaspadai. Sevilla saat ini menempati peringkat ketiga klasemen La Liga dengan 33 poin, hanya berjarak empat angka dari Madrid.

Di laga lainnya, Atletico Madrid berhadapan dengan Las Palmas. Sementara Villarreal akan melawan Real Sociedad.

Baca Juga :  Sanksi Kepada Rusia dan Belarus Datang Lagi Dari Dunia Olahraga

JAUH DARI JUARA

Sementara itu, mantan bek Real Madrid, Ivan Campo, meminta Los Blancos tetap mewaspadai ancaman Barcelona. Pasalnya Los Cules bisa saja menggagalkan ambisi juara Madrid.

Madrid kini tengah tampil luar biasa dan sulit dikalahkan. Sudah 37 laga beruntun tak ada tim yang bisa membuat Madrid pulang tanpa poin. Terakhir kali mereka kalah adalah dari Wolfsburg pada April.

Laju oke ini membuat Madrid kini memuncaki klasemen dengan keunggulan tiga poin atas Barca di posisi kedua dan punya satu pertandingan di tangan.

Apa yang ditunjukkan Madrid musim ini juga soal mental para pemainnya. Tengok saja ketika mereka bermain imbang 1-1 kontra Barcelona di mana gol penyama kedudukan dicetak Sergio Ramos di menit-menit akhir.

Namun, Madrid diminta tak jemawa dengan kondisi yang ada saat ini. Sebab Barca dengan skuat yang dimilikinya bisa setiap saat menyalip jika Madrid lengah sedikit saja.

Apalagi musim masih ada di bulan Desember dan bakal ada laga-laga berat menunggu di paruh kedua musim. “Karena kami masih ada di Desember, masih ada lima bulan lagi. Itu bagian terburuknya, ‘jadwal padat di Januari’ yang mana sedikit sulit dan pada dasaranya dalam dua bulan terakhir Anda harus bisa mengantisipasi Copa del Rey, laga-laga penting di Liga Champions dan wajar jika tim kesulitan di periode itu,” ujar Campo kepada Omnisport.

“Bisakah Barcelona mengejar Real Madrid? Ya tentu saja. Ini sudah terjadi ketika Barcelona berada di puncak dan Real Madrid mampu mengejar mereka. Dan siapa yang akhirnya juara? Real Madrid,” sambung mantan pemain Madrid di era 90-an itu. “Musim masih panjang untuk bilang Real Madrid bakal juara atau tidak,” tutupnya.

Baca Juga :  Ukraina Ancam Boikot Olimpiade 2024

Hasil Lengkap Undian Babak 16 Besar Copa del Rey:

UD Las Palmas vs Atletico Madrid

Alcorcon vs Cordoba

Athletic Bilbao vs Barcelona

Real Madrid vs Sevilla

Deportivo La Coruna vs Alaves

Real Sociedad vs Villarreal

Valencia vs Celta Vigo

Osasuna vs Eibar