maxresdefaultJAKARTA,TODAY-PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dipasti­kan menggelar Indonesia Soc­cer Championship (ISC) Liga Nusantara. Bulan ini turnamen tingkat provinsi itu digulirkan di Nusa Tenggara Timur.

ISC Liga Nusantara meru­pakan turnamen dengan stra­ta kompetisi di level amatir. Digelar dari tingkat provinsi, penyelenggaraan ISC Liga Nu­santara dilakukan lewat kerja sama dengan Asprov PSSI. Juara dari tingkat provinsi bakal melaju dan tampil di tingkat nasional.

Dalam proses pelaksanaan­nya, 34 provinsi di Indonesia dibagi dalam tiga wilayah, barat, tengah, dan timur. Khu­sus terkait wilayah timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi provinsi pertama yang meng­gulir tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016.

Turnamen ini sudah mulai bergulir Senin (11/7) kemarin dan direncanakan akan ram­pung sampai 27 Juli 2016 di dua stadion yang terletak di Kota Kupang. Dua stadion itu sendiri adalah Stadion Oepoi Kupang dan Stadion Merdeka Oeba. Laga pembuka mempertemu­kan tuan rumah PSKK Kota Ku­pang dengan Persedaya Sumba Daya Barat.

“Sebenarnya, NTT bukan provinsi pertama yang meng­gelar tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016. Jawa Tengah yang masuk dalam Wilayah Barat lebih dulu menggelar tingkat provinsi ISC Liga Nus­antara 2016 sejak Mei 2016,” demikian tercantum dalam si­tus resmi ISC.

Menyoal konsep pertand­ingan turnamen ini, di babak fase grup, 14 klub terbagi dalam 3 grup yang memain­kan sistem kompetisi home tournament dan setengah kompetisi. Juara, runner-up, dan urutan 3 dari Grup A dan B yang dihuni masing-masing 5 tim akan melaju ke fase 8 besar yang akan digelar den­gan sistem gugur.

PT GTS, selaku opera­tor kompetisi, saat ini terus melakukan sosialisasi kepada Asprov PSSI sejak Mei 2016. Dalam sosialisasinya tersebut, PT GTS meminta Asrov PSSI un­tuk menyerahkan rencana pe­nyelenggaraan tingkat provinsi ISC Liga Nusantara 2016 di mas­ing-masing provinsi. Mulai dari jumlah klub peserta, sistem kompetisi yang digunakan, dan jadwal penyelenggaraan.

Targetnya, September 2016 tingkat provinsi ISC Liga Nu­santara 2016 sudah rampung digelar sehingga pada Novem­ber 2016 tingkat nasional ISC Liga Nusantara 2016 sudah bisa diputar. (Imam/net)

loading...