healthy-foodsHIPOGLIKEMIA adalah kondisi saat kadar gula darah di bawah standar normal. Bagi diabetesi, hal ini tentu dapat meng­ganggu kenyamanan saat berpuasa.

Agar puasa tetap nya­man bagi pasien diabetes, dr Titi Sekarindah, MS, SpGK dari RS Pusat Per­tamina menyebutkan hal ini dimulai sejak sahur. Sebisa mungkin saat sa­hur prioritaskan konsum­si karbohidrat, terutama kabrohidrat kompleks karena lebih lama dicerna oleh tubuh.

“Ketika sahur juga perhatikan prote­innya, misalnya harus ada tempe, tahu dan ayam. Ka­lau konsumsi karbohidrat sederhana rasanya akan lebih rentan terserang hi­poglikemi. Ketika sahur juga jangan terlalu banyak konsumsi obat. Mengu­rangi dosis obat juga salah satu cara untuk meng­hindari hipoglikemi,” tu­turnya.

Untuk pengaturan kon­sumsi obat dan insulin, dr Titi menyarankan pasien se­baiknya lang­sung berkonsultasi dengan dokter masing-masing. Se­bab hal ini harus dinilai dari riwayat penyakit dan kondi­si tubuh.

“Untuk pasien diabe­tes, kalau penggunaan insulinnya dosis kecil sih boleh berpuasa, tapi ka­lau sudah lebih dari dua kali suntikan insulin se­hari sih sebaiknya jangan puasa. Nah untuk obat, ketika sahur kurangi do­sisnya. Amannya sih mi­num obat itu satu kali ketika berbuka puasa,” terang dr Titi.

Saat berpuasa, perhati­kan juga kadar gula darah. Jika pasien terlihat men­galami keringat dingin sebaiknya segera dicek. Jika tidak, maka tidak per­lu terus-ter­usan diperiksa. Dalam kondisi normal, waktu yang te­pat untuk memeriksa gula darah menurut dr Titi adalah saat berbuka puasa.

Lantas seperti apa ciri-ciri hipoglikemia yang perlu diwaspadai pasien diabetes? dr Titi menu­turkan waspadai gejala seperti muncul keringat dingin, tubuh gemetar, lemas dan pusing. Jika kondisi seper­ti ini sudah muncul, sebai­knya segera batalkan pua­sa. Memaksakan tetap lan­jut puasa bisa membuat pasien pingsan.

“Membatalkan puasa karena hipoglikemi cukup dengan minum teh manis. Tentunya pakai gula biasa tidak apa-apa, tapi jangan banyak-banyak. Setelah itu langsung makan seper­ti biasa. Jika misalnya se­dang berada di luar rumah dan terserang hipoglikemi maka bisa diatasi dengan minum teh manis dan makan roti,” pesan dr Titi.

(Latifa/NET)