Pasar-Bogor-Net-Erik-Suganda

BOGOR TODAY- Rencana pembangunan tiga tol baru yaitu Tol ke Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati, dan Ciletuh atau disebut Tol Jakarta, Bogor, Pelabuan Ratu (Jagoratu) diapresiasi oleh Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Bogor.

        Ketua Kadin Kota Bogor, Erik Irawan Suganda mengatakan, jalur dagang baik impor dan ekspor akan jauh lebih mudah dengan rute tiga tol baru. Terlebih untuk Jalur Bandara Internasional Kertajati menuju Geopark Ciletuh akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara.

        “Dengan adanya pembangunan tiga tol baru itu sangat membantu dari sisi bisnis terutama distribusi dagang. Angkutan akan lebih mudah menuju kertajati,” jelasnya.

        Dari pembangunan tersebut dirinya menjelaskan tentu ada berbagai sektor usaha akan berkembang. Proyek ini diharapkan digarap segera karena proses pembangunan ini akan berdampak secara luas untuk meningkatkan perekonomian Jabar.

        “Untuk Kertajati akan berkembang, itu soal masalah angkutan kargo-kargo itu juga akan terselesaikan juga,” beber dia.

Baca Juga :  Dukung Kegiatan Gemapatas 2023, Pemkab Bogor Lakukan Pencanangan Di Dua Lokasi

        Lebih lanjut mengenai proyek Jagoratu, Pemprov masih melakukan pembicaraan sumber anggaran tersebut, pasalnya untuk memenuhi seluruh anggaran tersebut kesulitan mencari sumber anggaran yang tidak sedikit untuk melakukan pembebasan lahan.

        Erik menilai perlunya andil pemerintah pusat untuk segera membangun fasilitas di kawasan Jawa Barat. “Pembebeasan lahan itu pemerintah pusat harusnya yang turun. Kekurangannya bisa diambil dari Tax Amnesty atau seperti apa, pemerintah perlu melakukan pembangunan fasilitas skala prioritas terutama Jabar yang punya kawasan industri besar,” ujarnya.

        Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera membentuk Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Pembangunan Tol agar mempercepat penyelesaian hambatan-hambatan yang sering terjadi dalam proses pengerjaan proyek Tol di Jawa Barat.

        Hal tersebut menyusul rencana pembangunan tiga jalan tol baru yang akan menjadi akses penghubung antara Tol dengan berbagai proyek-proyek besar

nasional di Jawa Barat yang sedang dibangun.

        Untuk panjang pembangunan tol sendiri Pemprov menyebutkan, tol yang menghubungkan ke Pelabuhan Patimban akan dibangun sepanjang 20 kilometer, tol tersebut gunanya persimpangan (interchange) dari Tol Cipali menuju Patimban, Subang.

Baca Juga :  PAC Pemuda Batak Bersatu Deklarasi di Kecamatan Ciampea

        Kemudian dibangun juga tol yang menuju Bandara Kertajati, Majalengka. Pemprov merencanakan ada persimpangan dari Tol Cipali menuju Kertajati yang akan dibangun sepanjang tujuh kilometer.

        Sementara pembangunan Tol Jagoratu, akan dibangun sepanjang 50 kilometer. Pembangunan tol tersebut nantinya Sebagai sarana pendukung pengembangan pariwisata Geopatk Ciletuh yang juga tersambung dengan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi).

        Jika saja tol ini berhasil direalisasikan akan mempercepat akses menuju Ciletuh. Sehingga jalur tempuh menuju kawasan pariwisata Geopark Ciletuh akan semakin mudah. Dan, dampaknya wisatawan lokal maupun mancanegara akan lebih tertarik mengunjungi Kawasan yang akan menjadi salah satu warisan geologi internasional tersebut.

        Selain pariwisata perkembangan ekspor Jabar juga akan terbantu dengan adanya pembangunan tol Jagoratu.(Yuska Apitya)