JAKARTA TODAY- Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pemimpin dunia yang mempunyai jumlah pengikut (followers) terbanyak di jejaring sosial Facebook. Demikian hasil studi terbaru ‘World Leaders on Facebook’ keluaran Burson-Marsteller. Jokowi menempati posisi kesembilan dengan jumlah pengikut sebanyak 6.483.653. Sementara di posisi pertama adalah Perdana Menteri India Narendra Modi dengan 40 juta pengikut di laman Facebook miliknya.

Sementara Presiden Donald Amerika Serikat Donald J. Trump berada di tempat kedua dengan 20 juta pengikut. Di lingkup Asia Tenggara, Jokowi merupakan pemimpin negara nomor kedua terbanyak dari jumlah pengikut, kalah dibandingkan dari Perrdana Menteri Kamboja Samdech Hun Sen dengan khalayak sebanyak 6.778.542.

Perdana Menteri Kamboja ternyata memiliki peningkatan yang paling fenomenal pada laman Facebooknya, melihat angka miliknya meningkat empat kali lipat, dari 1.6 juta menjadi 6.5 juta pengikut dari tahun ke tahun.

BACA JUGA :  Kunjungi 8 Tempat Wisata Pantai Dekat Jakarta Ini dengan Keluarga saat Libur Hari Raya

Hun Sen memiliki laman Facebook yang tidak konvensional, dia kerap membagikan foto-fotonya di “belakang layar” atau saat berlibur bersama istri dan cucu-cucunya. Unggahan-unggahan Facebooknya mendapat 58 juta interaksi, ketiga terbanyak setelah Donald Trump dan Narendra Modi. “Studi ini menawarkan pandangan menarik untuk melihat bagaimana pemimpin perushaan mengambil pelajaran dari cara-cara pemimpin dunia menggunakan Facebook, salah satunya adalah dengan cara membawa nuansa pribadi dalam komunikasi mereka,” ujar Don Baer, Worldwide Chair and CEO dari Burson-Marsteller.

Fakta menarik lainnya, Laman Facebook personal Donald Trump mengalami pertumbuhan fenomenal selama kampanye pemilihan umum di 2016, dengan jumlah pengikut meningkat tiga kali lipat dari 5,1 juta ke 16,7 juta. Pada 1 Februari 2017, 12 hari setelah inagurasinya, laman @DonaldTrump telah memiliki 19.806.840 pengikut dan terus bertambah. Status unggahan Donald Trump yang ditulis dengan huruf capital setelah memenangkan pemilu AS pada 8 November 2016, menjadi unggahan terpolulernya dengan 1,2 juta interaksi. Sementara itu,  Video dengan penonton paling banyak yakini ditonton 66 juta orang kali diunggah oleh Gedung Putih saat menampilkan Virgina McLaurin berusia 106 tahun, yang berdansa bersama pasangan Obama saat peringatan Black History Month pada Februari 2016.(Yuska Apitya/bbc)

BACA JUGA :  Remaja Karyawan Pelatihan Anjing Asal Lampung, Tewas Gantung Diri di Cisarua
Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================