IMG_7283 copy-1BOGOR TODAY- Ketua Kwartir Cabang gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengukuhkan Ketua Mejelis Pembimbing Ranting (Mabiran) se-Kota Bogor. Pada saat bersamaan dilakukan pula pengukuhan pengurus pergantian antar waktu masa bakti 2015-2020. Pengukuhan berlangsung di Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor, kemarin.

 

Menurut Ade, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010, aparatur pemerintah wajib melakukan kegiatan Pramuka. Majelis adalah dewan yang memberikan bimbingan kepada satuan organisasi gerakan Pramuka. Artinya Mabiran harus memberikan contoh kepada kakak-kakak, guru-guru dan semua gerakan pendidikan yang menjadi bagian dari Pramuka. Termasuk berkaitan dengan organisasinya.

BACA JUGA :  Basarnas Akan Bentuk Unit SAR di Kota Bogor, Meliputi Wilayah Sukabumi dan Cianjur

 

Jadi lanjut Ade, “Wajar apabila kedepan Camat selaku Kamabiran memfasilitasi tempat untuk sekretariat ranting.” Ranting yang sudah memiliki sekretariat, Bogor Selatan dan Bogor Utara. Sedangkan Bogor Timur sudah diusulkan dan yang belum memiliki tinggal Bogor Barat, Bogor Tengah dan Tanah Sareal.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Warga Kabupaten Bogor Siaga Bencana Alam, Segera Lapor Jika Muncul Bencana

 

Menurut Ade, kegiatan Pramuka luar biasa walaupun hanya bermodalkan ketulusan. Oleh karenanya Pramuka harus terus bersinergi membantu gerakan-gerakan dan program pemerintah. Bahkan untuk keuangan gerakan Pramuka diperoleh dari iuran anggota sesuai kemampuan. “Untuk tahun 2017, kita sudah anggarkan hibah untuk gerakan Pramuka sebesar Rp 1,1 milyar,” ungkap Ade.

============================================================
============================================================
============================================================