LONDON TODAY- Manchester United tercatat sebagai klub Eropa dengan popularitas tertinggi di dunia online China, menggeser Bayern Munich yang sebelumnya berada di posisi teratas. Hal itu terungkap dalam data edisi keenam Red Card dari grup Mailman, sebagaimana dilansir BBC, yang menganalisis pengaruh dari 53 klub Eropa di platform media sosial China — WeChat dan Weibo, juga seberapa besar kisaran angka penonton laga-laga tim itu via live streaming, dan bagaimana efek penerimaan laman web situs mereka di China.

Hasilnya adalah MU berada di posisi pertama, menggeser Bayern yang sebelumnya ada di posisi teratas dan kini menempati posisi dua. Arsenal dan Liverpool bersama-sama di posisi tiga, diikuti Manchester City pada posisi lima.

“Ada jarak besar antara aspek di-follow dan keterlibatan. United adalah yang paling banyak diikuti, tapi Bayern unggul jauh terkait aktivitas online. Namun, United sudah membuat langkah besar dengan aktivitas penggemar dan tur tahun lalu,” sebut Head of sport Mailman David Hornby kepada BBC.