IMG-20170221-WA003CIBINONG TODAY – Memasuki musim penghujan, masyarakat diimbau agar selalu melakukan pola hidup bersih dan sehat. Mengingat, ada beberapa penyakit yang datang berbarengan dengan musim hujan diantaranya, Ispa, diare, penyakit kulit hingga DBD.
“Dimusim hujan seperti ini, masyarakat harus lebih meningkatkan dalama menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit yang timbul disaat musim hujan,” kata Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2PKL), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Dokter Agus Setiawan, Selasa (21/2/2017).
‎Dijelaskan dia, biasanya masyarakat yang masih menggunakan air sumur lebih beresiko terkena penyakit tersebut, karena air sumur yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari – hari seperti, cuci mandi, makan dan minum, air sumurnya terkontaminasi oleh air hujan. “Pada saat banjir, sumber-sumber air masyarakat yang masih menggunakan air sumur dangkal‎ akan tercemar. Dari Sumber air yang terkontaminasi inilah biasanya menyebabkan berbagai penyakit,” paparnya.
Disamping itu, kebiasaan buruk masyarakat seperti, membuang sampah sembarangan, tidak mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, akan membuat kuman mudah masuk ke dalam tubuh. Jangan biarkan tumpukan sampah disekitar tempat tinggal kita berserakan, biasakan di kubur. Selain itu, biasakan untuk meminum air yang bersih,” kata Agus.
Agus menerangkan, ada beberapa wilayah endemis yang kerap terkena penyakit yang diiringi musim penghujan diantaranya, Kecamatan Bojonggede, Cibinong dan Kecamatan Citeureup. “Biasanya, daerah yang padat penduduk yang kerap terkena penyakit Ispa,gatal – gatal bahkan DBD. Karena, kebiasan mayarakat yang tinggal di daerah padat penduduk cenderung suka membuang sampah sembarangan, dan akhirnya sampah tersebut meninggalkan genangan sisa air hujan,” tandasnya. (Iman R Hakim)
Baca Juga :  Nekat, Remaja 15 Tahun Memasukan Kabel USB ke Dalam Alat Kelaminnya