KASIHAN sekali orang pelit alias si bakhil. Dialah orang yang paling menderita di dunia ini dalam menghadapi hartanya. Syekh Hasan Basri menjelaskannya, si pelit paling semangat mengumpulkan harta, namun paling sedikit menggunakan dan menikmati selama hidupnya. Dialah orang yang memiliki banyak harta, namun hidup bagaikan  orang fakir miskin. Sementara di akhirat kelak dia dimintai pertanggungjawaban sebagai orang kaya.

Ada orang kaya yang bakhil sekali. Tabungannya banyak sekali, namun setiap hari makanannya tak memenuhi standar kesehatan, minimalis dalam jumlah, minimalis dalam hal gizi. Karena gizi itu mahal.

Ada orang kaya yang bakhil sekali. Saking bakhilnya, dia tidak kawin walau hartanya cukup untuk memiliki banyak isteri. Dia takut harta yang dikumpulkan mati-matian jatuh ke tangan pada saat dia mati nanti.

Di akhirat kelak, tak akan bergeser kaki setiap hamba kecuali ditanyakan tiga hal. Salah satunya adalah tentang hartanya, dari mana didapat dan kemana dinafkahkan. Jangan bakhil-bakhil saudaraku dan sahabatku. (*)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================