BOGOR TODAY- Permasalahan narkoba yang saat ini semakin marak dan menyasar kalangan pelajar menjadi perhatian khusus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor. Sebab, jeratan narkoba di kalangan pelajar bukan saja akibat salah pergaulan, tetapi karena kurangnya aktivitas positif.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, penting bagi para remaja untuk mengikuti aktivitas yang positif salah satunya pramuka. Ade menerangkan, Pramuka sebagai organisasi pendidikan telah banyak melakukan kegiatan bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat, seluruh kegiatan tersebut dikemas dengan menarik, murah dan mendidik. “Dengan mengikuti kegiatan positif anak-anak bisa terhindar dari narkoba, tawuran dan kegiatan lainnya yang tidak bermanfaat,” ujarnya seusai siaran langsung di RRI Kota Bogor Kamis (16/03/17).

BACA JUGA :  Briefing Staf Terakhir Bersama Wali Kota Bogor, Ini Kata Bima Arya dan Dedie Rachim

Ade meyakini, setiap anak yang aktif di kepramukaan dapat mencegah diri dari aktivitas yang tidak baik. Hal tersebut karena di pramuka terdapat sumpah janji “Dasa Dharma Pramuka”. Salah satu isi dari Dasa Dharma Pramuka yakni Sucipikiran, perkataan dan perbuataan. “Suci disini berarti melakukan hal yang benar, baik dan bermanfaat. Sejauh ini belum ada anggota pramuka aktif yang terjerat narkoba,” tegasnya..

Untuk diketahui khusus di kota bogor terdapat beberapa program pengabdian masyarakat Kwarcab Pramuka yang diarahkan guna mendukung program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, diantaranya :
1. Mewujudkan kota bogor yang bersih dengan program aksi pungut sampah di setiap event Kota Bogor (CFD)
2. Pemeliharaan taman kota
3. Penghijauan
4. Pembentukan kelompok Scout bike sebagai sarana transportasi hijau
5. Aksi donor darah
6. Bumbung peduli
7. Pelatihan siaga bencana
8. Aksi berantas vandalisme
9. Bazar amal ramadhan
10. Membantu aparat keamanan dalam menjaga keamanan serta ketertiban saat event besar di kota Bogor seperti hari raya keagamaan, maupun kegiatan lainnya.(Yuska Apitya)

BACA JUGA :  Halalbihalal ASN Kota Bogor, Bima Arya Titip Tetap Berjuang Untuk Kebaikan
============================================================
============================================================
============================================================