BOGOR TODAY- Sebanyak 88 peserta Wirausaha Muda Mandiri (WMM) unjuk gigi mempresentasikan berbagai produk andalannya kepada dewan juri dalam acara WMM Putaran Final di Hotel Salak Tower, Kota Bogor, Senin (06/03/17). Di babak final ini penjurian peserta melibatkan berbagai kalangan, mulai dari birokrasi, akademisi, perbankan hingga perwakilan media. Salah satu juri dari birokrasi yang ikut terlibat yakni Wali Kota Bogor Bima Arya yang menguji kategori Wirausaha Kreatif – Alumni dan Pasca Sarjana bersama para dewan juri lainnya.

Senior Vice President Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, WMM ini sudah terselenggara sebanyak sepuluh kali setiap tahunnya dengan jumlah peserta mencapai 5.000 sampai 8000 orang. Namun, baru di tahun ini peserta dibatasi hanya 5000 peserta dari 12 regional seluruh Indonesia. Sebab, Bank Mandiri ingin benar-benar mencari kandidat yang berkualitas dibanding hanya kuantitas semata.

“Seleksinya sudah sejak tiga bulan lalu, dan hanya terpilih 88 peserta di tahap final penjurian ini,” katanya.

Dari 88 peserta, lanjut Rohan, hanya dipilih juara pertama di setiap kategori. Hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang yakni berupa modal awal sebesar masing-masing Rp. 500 juta. Selain itu, para pemenang akan menjalani program pelatihan selama enam bulan sesuai dengan kebutuhan usahanya, misalnya pelatihan marketing, finance, akunting dan packging. hal itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan daya jual produknya. Selanjutnya akan ada ujian terakhir berupa proses screening layaknya orang yang mengajukan kredit ke bank, apakah layak diberi modal atau tidak.

“Harapan kami WMM ini dapat menciptakan pengusaha muda baru yang sukses dan mampu membuka lapangan pekerjaan sekaligus bisa membantu pengusaha-pengusaha muda baru lainnya,” ujarnya.

============================================================
============================================================
============================================================