BOJONGGEDE TODAY – Bupati Bogor, Nurhayanti meninjau kondisi sungai Kalibaru yang sedang dilakukan normalisasi sungai di Kecamatan Bojonggede pada Jumat 3 Maret 2017. Kondisi kali tersebut sekarang dipenuhi sampah yang mengunung dan membuat masyarakat tidak bisa tidur nyenyak pasca memasuki musim hujan karena sering terjadi banjir.

Menurut Nurhayanti, kewenangan sungai kali baru di Kecamatan Bojonggede ada di Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung (BBWSC). Seharusnya, pihak BBWSC melakukan normalisasi sehingga masyarakat tidak terkena banjir kembali dan tumpukan sampah yang mengunung bisa diatasi agar tidak kumuh. “Normalisasi Sungai Kalibaru sudah dilakukan pihak BBWSC,” kata Nurhayanti.

BACA JUGA :  Lahirkan Generasi Emas pada 2045, Siti Chomzah Ajak Kepala PAUD se-Kabupaten Bogor Optimalkan Gerakan Transisi PAUD SD 

Bupati pun berjanji akan mencarikan solusi terkait masalah sampah yang menggunung disekitaran sungai kalibaru dengan menambah angkutan sampah untuk mengkeruk sampah dan akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor untuk mengajak menyesaikan masalah sampah tersebut.

“Ini kan daerah middle stream, jadi sampah berasal dari hulu. Kami akan mengajak Pemerintah Kota Bogor untuk menangani masalah sampah kita juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa memilah sampah mana sampah basah mana sampah kering, kalau sampah itu bermanfaat kan bisa dijual kepada bank sampah sehingga bisa menambah penghasilan sekaligus Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor pun mencarikan model penanganan masalah tersebut,” ujar Yanti sapaan akrabnya.

============================================================
============================================================
============================================================