YOGYAKARTA TODAY- Sebagai kota dengan julukan kota pendidikan, terdapat cukup banyak perguruan tinggi di Yogyakarta baik yang berstatus negeri maupun swasta. Saat ini tercatat ada 106 nama universitas yang tersebar di Yogyakarta.

“Hari ini kita launching Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Yogyakarta. Universitas ini merupakan urutan ke 106 perguruan tinggi di Yogyakarta,” kata Menristekdikti, Mohamad Nasir, Jumat (10/3/2017).

Nasir meminta agar pengelola dunia pendidikan yang baru diluncurkan ini untuk bekerja keras dengan meningkatkan daya saing. Harapannya, universitas yang berada di Jalan Lowanu No 47 Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta ini setara dengan perguruan tinggi lainnya di Yogyakarta.

“Jangan harap baru buka menjadi terbaik. Jangan mimpi, kualitas dan daya saling harus ditingkatan supaya sejajar dengan perguruan tinggi lainnya di Yogyakarta,” katanya.

Nasir juga meminta calon dosen yang pendidikan terakhir S2, untuk melanjutkan study dengan mencari beasiswa dalam penyelesaikan S3. Bahkan, pihaknya terbuka membantu calon dosen untuk memberi beasiswa dengan melakukan seleksi.

Secara simbolis, Nasir menyerahkan Surat Keputusan dari Kemteriannya terkait berdirinya UNU Yogyakarta. Dalam SK yang diajukan Pengurus Tanfidziyah PWNU DIY itu diterima oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj.

Dalam sambutannya, Ketum PBNU menyampaikan Islam bukan hanya masalah akidah dan syariah, juga bukan hanya teologi dan ritual ibadah, tapi Islam merupakan agama budaya, agama peradapan, agama kemajuan, dan agama kemanusiaan.

“Mengabdi di NU harus cerdas. Moderat dalam berteologi, moderat dalam beribadah, moderat dalam berfikir, dan moderat dalam berpolitik,” tandasnya.

Said juga melantik Purwo Santoso sebagai rektor UNU Periode 2017-2022. Dia sempat bercanda saat memberi sumpah pada sang rektor.

“Apakah saudara bersedia dilantik sebagai rektor,” tanya Said. Purwo Santoso langsung memberi jawaban ‘bersedia’. Namun, Said menyambar balasan ‘tanpa honor’ yang disambut tawa tamu undangan yang hadir.

UNU Yogyakarta sendiri terdapat lima fakultas, yakni Fak Dirasat Islamiah, Fak Pertanian, Fak Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Fak Teknik. Program studi didalamnya mengedepankan ajaran Islam dalam ilmu modern.(Yuska Apitya)