“Harga pangan tingkat konsumen berpengaruh terhadap akses pangan, kondisi rawan pangan, ketersediaan pasokan, kondisi permintaan, kelancaran distribusi pangan, kondisi perdagangan dipasar internasional, dampak implementasi kebijakan pemerintah dan daya beli masyarakat,” tutur Soni.

Adapun program DKP, lanjut Soni, kegiatan panel harga pangan tahun 2017 bertujuan untuk menyediakan data dan informasi yang cepat dan akurat tentang harga dan pasokan pangan sebagai bahan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya gangguan distribusi dan harga pangan di pusat dan daerah, serta menganalisis harga dan pasokan pangan secara periodik sebagai bahan perumusan kebijakan di pusat dan daerah.

BACA JUGA :  7 Makanan Sehat Ini Ternyata Akan Bantu Turunkan Gula Darah

“Kami sangat terbantu dengan adanya informasi harga komoditas yang sangat lengkap di website PDPPJ. Hanya ada sekitar dua komoditas yang dibutuhkan oleh DKP Provinsi Jawa Barat yang belum tersedia. Kami berterima kasih PDPPJ bersedia untuk menambahkan komoditas tersebut, yaitu jagung pipilan dan beras termurah,” jelasnya.

Kepala Sub Bagian Jasa Pemberdayaan Pedagang PDPPJ, Guna Gustana mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang baik yang dilakukan antara DKP dengan PDPPJ dalam rangka menyediakan data yang cepat dan akurat terkait harga-harga pangan yang dimana sebelumnya PDPPJ memang sudah melakukan pencatatan harga-harga produk pasar yang di update setiap harinya.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Lansia Terlungkap Gegerkan Warga Kota Padang

Adapun panel pedagang mingguan kegiatan pengumpulan data harga dan pasokan pangan ditingkat pedagang, grosir dan eceran yang dibutuhkan untuk pelaporan ke DKP Provinsi Jawa Barat meliputi beras (premium, medium, termurah), jagung (pipilan), kedelai, gula pasir, bawang merah, cabe merah keriting, daging ayam ras, telur ayam ras, daging sapi, minyak goreng dan terigu. (Iman R Hakim)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================