BOGOR TODAY- Gerakan politik Mantan Walikota Bogor, Diani Budiarto, yakni salat subuh keliling nampaknya menjalar ke elite politik di Kota Bogor. Setelah Usmar Hariman (Wakil Walikota Bogor), kini giliran Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor) yang ketularan. Gerakan Nasional Sholat Shubuh Berjamaah diyakini Bima Arya adalah gerakan yang akan membawa umat Islam untuk terus memperkokoh keimanan, meningkatkan ketakwaan dan bergerak amar ma’ruf nahi munkar karena Lillahi Ta’ala.

“Jadi, salah kalau gerakan sholat shubuh berjamaah ini adalah gerakan politik, tetapi gerakan karena Allah SWT ,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya saat menyampaikan sambutannya dalam acara Gerakan Nasional Sholat Shubuh Berjamaah “The Power Of Sholat Shubuh Berjamaah” di Mesjid Al Hidayah, Bukit Cimanggu City, Kota Bogor. Sabtu (08/04/17) pagi.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat ODGJ Pria di Halaman Masjid Caringin

Bima berkisah, sejarah Islam mencatat kekuatan kolektiflah yang mendorong kebangkitan Islam, salah satu tokoh Islam legendaris Sholahudin Al Ayubi memastikan sebelum menyerang musuh disetiap mesjid-mesjid kota ketika waktu sholat shubuh dipenuhi oleh jamaah, kemudian baru kekuatan kolektif itu bisa mengalahkan musuh.

“Dikisahkan juga pada tentara Israel yang bulak -balik mengecek jamaah ketika waktu sholat shubuh, ketika ditanya kata pimpinan agamanya kalau jumlah jamaah sholat shubuhnya banyak itu berbahaya bagi mereka (tentara Israel, red),” ungkap Bima.

Dia menerangkan, di negara Indonesia sejarah juga mencatat ada kebangkitan umat yang tidak terbantahkan pada tahun 80-an, muncul kekuatan-kekuatan kajian di kampus-kampus sebagai aktivis di mesjid.

BACA JUGA :  Cilacap Jateng Diguncang Gempa M4,9 Senin Pagi

“Seperti di Yogyakarta, Bandung, Surabaya muncul aktivis-aktivis muda muslim yang digembleng tidak saja untuk persoalan duniawi, tapi juga persoalan-persoalan ukhrawi,” ujarnya.

Namun pada tahun 90-an ketika pengajian di perkotaan mulai masuk, pengajian mulai menjadi trend di jantung-jantung pusat peradaban kota.

“Pendidikan Islam bangkit, sekolah Islam mulai marak. Jadi pelajaran agama Islam yang tadinya hanya ada di sektor informal masuk ke sektor formal untuk memberikan pencerahan bagi generasi muda,” ujar Bima.

Bima menambahkan, di tahun 2016 muncul trend baru yang bukan hanya sesaat atau gerakan politik besar, tetapi akan menjadi gerakan permanen di Indonesia yaitu Gerakan Sholat Shubuh Berjamaah.

============================================================
============================================================
============================================================