CIBINONG TODAY – Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar membuka acara Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2017 di Gedung BPBD Kabupaten Bogor, Rabu (26/4/2017). Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPBD Kabupaten Bogor Koesparmanto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Epi Rupali, Camat Cibinong Bambang Tawekal, dan beberapa Lurah di Kecamatan Cibinong.

Dalam sambutannya Adang mengatakan bahwa, berdasarkan topografi dan kondisi geografisnya, Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah rawan bencana di Jawa Barat, yang diakibatkan oleh aktifitas iklim maupun geologi atau vulkanologi. Untuk itu, Pemkab Bogor melalui BPBD dan Dinas Damkar serta PMI maupun seluruh penggiat penanggulangan bencana tidak henti-hentinya melaksanakan tugas dan fungsi di bidang kemanusiaan dengan memperkuat kapasitas masyarakat agar mampu mengurangi resiko dan ancaman terjadinya bencana.

BACA JUGA :  Berbagi Kebahagiaan, JJB Bagikan Takjil Gratis Ke Pengendara

“Jangan jadikan penanggulangan bencana sebagai kegiatan tanggap darurat bencana saja, akan tetapi harus dijadikan siklus kegiatan yang terintegrasi dan menyeluruh, mulai dari pra bencana, saat bencana hingga pasca bencana yang dilakukan secara berkesinambungan dan terintegrasi dengan melibatkan seluruh element baik dari BPBD dan Damkar, PMI, serta penggiat penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten Bogor, dengan titik tumpu pada koordinasi, kepedulian publik dan mobilitas masyarakat,” terang Adang.

============================================================
============================================================
============================================================