JAKARTA TODAY- Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil memastikan pemerintah menunda rencana pengenaan pajak progesif terhadap apartemen kosong di tahun ini. Usulan tersebut sebelumnya disampaikan Kementerian ATR kepada Kementerian Keuangan.

Sofyan menekankan, kebijakan tersebut tak tepat diterapkan di tahun ini di mana pasar properti cenderung lesu sejak pergantian tahun. Jika dipaksakan, ditakutkan membuat industri properti dalam negeri semakin terpuruk. Sedangkan di sisi lain, seharusnya pemerintah memberikan insentif kepada sektor properti, bukan menambah bebannya. “Terkait bangunan kosong itu ditunda karena pasar sedang fluktuatif. Kebijakan itu tidak akan ada di tahun ini,” ucap Sofyan di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (11/4).

BACA JUGA :  Menu Makan Dengan Mie Kuah Daging Bumbu Semur, Dijamin Menggugah Selera Keluarga

Selain mempertimbangkan sektor properti, Sofyan mengatakan, pertimbangan lain terkait penundaan ini karena belum matangnya rumusan kebijakan pajak tersebut. Baik dari sisi kriteria apartemen hingga tarif pajak yang hendak dikenakan, sehingga kian mengikis niat pemerintah untuk menunda rencana ini.

============================================================
============================================================
============================================================