JAKARTA TODAY- PT Angkasa Pura II mencatat ada kenaikan penumpang pesawat sekitar empat hingga enam persen jelang momen Lebaran jika dibandingkan dengan tahun 2016.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan, jumlah penumpang jika dibandingkan dengan rata-rata di luar Lebaran naik delapan hingga sembilan persen.

“Untuk pergerakan aircraft sendiri, prognosa kami akan ada pergerakan aircraft lima sampai sembilan persen angkutan,” ungkap Awaluddin, Jumat (26/5).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pengamanan Bandara akan ditambah setelah adanya kasus bom di Kampung Melayu. Patroli jalan kaki akan ditambah oleh tiap bandara menjadi enam kali satu hari. Beberapa bandara pun akan dimonitor 24 jam.

BACA JUGA :  PENTINGNYA SERAGAM SEKOLAH UNTUK KEBERSAMAAN

“Untuk Bandara Halim Perdana Kusuma jam operasinya dikondisikan khusus, pada periode angkutan Lebaran,” kata Awaluddin.

Sementara itu, khusus Bandara Soekaro Hatta menurut dia, akan terjadi overlay (penebalan landasan) pada 23.00 WIB-24.00 WIB. Overlay ini akan diberlakukan h-10 dan h 15.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pihak Bandara juga tidak lupa bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam melakukan persiapan khusus. Menurutnya, perlu dilakukan pengecekan setiap dua hingga tiga jam sekali.

BACA JUGA :  Kecelakaan Pemotor di Kudus Tertabrak Truk saat Hendak Menyalip

“Ada saat ini di udara dilakukan ramp check (pemeriksaan kelaikan dan keselamatan pesawat) di Soekarno Hatta, ini juga dilakukan di tempat lain, katakanlah di Timur, di Irian, Papua, di sana ada pesawat kecil,” kata Budi.

Selain itu, pemeriksaan terhadap pilot juga perlu diperhatikan agar kesalahan yang terjadi di Surabaya lalu tidak terulang.

“Mengingat beberapa saat lalu ada masalah, fungsi pemeriksaan pilot jelang keberangkatan harus dipastikan lagi,” pungkasnya. (Yuska Apitya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================