EROPA TODAY- Mazda membangun museum mobil di Augsburg, Jerman. Museum ini merupakan museum mobil Jepang pertama di Benua Biru. Di museum Mazda Classic – Automobil Museum Frey terdapat 45 model Mazda sepanjang sejarah Mazda yang hampir berumur 100 tahun. Mobil-mobil ini merupakan mobil yang dijual di Eropa dan juga mobil-mobil langka yang hanya tersedia di kawasan lain di dunia.

Model mobil yang dipajang antara lain Mazda Cosmo Sport tahun 1968,Mazda Luce R130 tahun 1969 dan beberapa generasi mobil sport RX-7, serta kendaraan langka seperti bus Parkway dan juga truk bermesin rotary.

Mobil lain yang disoroti adalah Mazda R360 1960, mobil penumpang pertama Mazda yang diproduksi massal, Mazda K360 tahun 1962, sebuah truk ringan beroda tiga, Mazda Familia 1000 coupé tahun 1966, Mazda 616 tahun 1876 dan Mazda AZ-1, mobil sport bermesin tengah yang diproduksi tahun 1992.

Museum ini dibangun oleh diler lokal Mazda di Jerman Auto Frey dengan dukungan Mazda Jerman.“Uniknya, museum Mazda pertama di luar Jepang mewakili mimpi yang menjadi kenyataan bagi keluarga Frey untuk berbagi dengan publik satu jenis koleksi Mazdas vintage dari seluruh dunia,” kata Akira Marumoto, VP Eksekutif Mazda.(Yuska Apitya)

============================================================
============================================================
============================================================