JAKARTA TODAY- Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia (PUSKAKOM) mengenai manfaat aplikasi social on-demand terhadap pekerja dan penggunaan jasa perusahaan, didapati bahwa penghasilan bulanan pengemudi Gojek melampaui gaji karyawan.

Peneliti utama Puskakom UI Alfindra Primaldhi menjelaskan, riset dilakukan di 15 lokasi Jabodetabek, khusus terhadap pengemudi roda empat gabungan yang tersebar di 11 kota.

Dari hasil riset PUSKAKOM menemukan bahwa 87 persen mitra GO-Ride bekerja secara full time, 33 persen dari driver dulunya adalah pengojek pangkalan. Hanya 26 persen driver Gojek yang sebelumnya bekerja di sektor swasta.

BACA JUGA :  Minum Air Garam Bisa Atasi Kelebihan Air dalam Tubuh, Benarkah? Simak Ini

Dari sisi penghasilan bulanan, penghasilan, sekira 77 persen pengemudi Goride mengantongi pendapatan di atas UMP Nasional Rp1.997.817 menurut BPS 2016. Hasil yang lebih besar dikantongi pengemudi GoCar di mana 50 persen mitra pengemudi mendapatkan penghasilan di atas rata-rata UMP DKI Jakarta yakni Rp3.335.750. Sedangkan pengemudi yang memilih bekerja secara full-time diklaim mendapatkan hasil lebih besar dari mereka yang bekerja paruh waktu.

Selain mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari pekerja swasta, Alfindra menegaskan ada hal lain yang mendorong mereka bisa memanfaatkan layanan perbankan, asuransi, hingga waktu yang lebih fleksibel.

BACA JUGA :  Santan Bahaya Jika Dipanaskan? Simak Ini, Jangan Sembarangan Panaskan Makanan

“Dari sisi manfaat, 48 persen mengaku bisa mengatur waktu kerja, 30 persen punya lebih banyak waktu bersama keluarga, 28 persen bisa menabung, 19 persen bisa pakai HP dan aplikasi,” ungkap Alfindra disela pemaparannya di Jakarta, Senin (8/5).

Selain itu, 30 hingga 32 persen pengemudi Gojek mengaku memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga, lantaran bebas memilih jam kerja.

============================================================
============================================================
============================================================