Jangan sembarangan mencari penasihat hidup. Kita tak bisa asal comot konsultan hidup, karena tak semua orang ahli dalam memberikan nasihat. Juga tak semua orang yang ahli menasihati itu memiliki tujuan baik dan tahu cara terbaik. Contoh konkretnya sudah dijelaskan dalam Al-Quran, yaitu bagian yang mengisahkan terusirnya Adam dan Hawa dari srga.

Iblis jelas bukan penasihat hidup yang meiliki tujuan baik. Tujuan Iblis jelas sangat jahat, yaitu menurunkan Adam dan Hawa dari surga. Itu sebabnya, Iblis tak pernah berhenti berupaya mempedaya Adam. Iblis tampil sangat meyakinkan sebagai penasihat hidup terbaik. “Wahai Adam, maukah engkau aku tunjukkan pohon khuldi (kekal) dan kerajaan yang tidak akan binasa?’’ kata Iblis kepada Adam dengan sangat profesional.

Baca Juga :  Melamun Bikin Otak Jadi Rileks, Benarkah? Yuk Simak 5 Penjelasannya

Ketika Adam tak juga tergoda, maka Iblispun kembali menasihati Adam dan Hawa.  ‘’Tuhan kamu tidak melarang kamu berdua mendekati pohon ini, kecuali agar kamu berdua tidak menjadi malaikat dan tidak termasuk hamba yang kekal,’’ kata Iblis dengan sangat meyakinkan.